Bisnis dan Ekonomi

Aprindo Sebut Demo Dua Hari Terakhir Di Jakarta Berdampak Pada Toko Ritel

Aksi unjuk rasa di kawasan Senayan, Jakarta Pusat membuat sejumlah pusat perbelanjaan atau mal kehilangan konsumen.

Aprindo Sebut Demo Dua Hari Terakhir Di Jakarta Berdampak Pada Toko Ritel
Alex Suban/Warta Kota
Para suami menunggu istrinya yang berbelanja di Toko Matahari, Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Rabu (22/11/2017). 

TRIBUNPALU.COM - Aksi demonstrasi yang telah berlangsung sejak dua hari lalu hingga kemarin nyatanya membawa dampak negatif bagi toko ritel.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan, aksi unjuk rasa di kawasan Senayan, Jakarta Pusat membuat sejumlah pusat perbelanjaan atau mal kehilangan konsumen.

Meski mal masih buka, namun sejumlah ruas jalan menuju pusat perbelanjaan ditutup, dan bahkan jalan yang bisa dilalui terjadi kemacetan. Sehingga keinggnan konsumen datang ke mal jadi berkurang.

“Sebetulnya demo bukan hal baru ada dampak terhadap area perdagangan demo tersebut. Penurunan omzet bakal terjadi apalagi bagi meeting point misalnya cafe di lokasi sekitaran demo,” kata Tutum di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kamis (26/9/2019).

Viral Video Driver Ojol Bagi-bagikan Minuman kepada Mahasiswa Saat Demo, Banjir Pujian Warganet

Kini Jadi Anggota DPR, Eko Patrio Merasa Ditampar oleh Sang Putri yang Ikut Kritik RKUHP

Tutum menegaskan demo selama dua hari berturut-turut itu membuat cafe dan restaurant kehilangan omzet. Alasannya bagi jenis usaha ritel tersebut, bila tidak ada aktivitas belanja maka potensi omzet harian langsung tergerus.

Sayangnya, Aprindo mengaku masih menghitung total potential loss atas omzet perushaan ritel cafe dan restaurant. Yang jelas penurunan jumlah pengunjung bikin usaha merugi.

“Laporan belum dihitung, pastinya ada penurunan di ritel food and beverage (FnB). Biasa orang-orang mau lunch dan dinner tidak jadi karena demo,” kata Tutum.

Di sisi lain, bagi jenis ritel pakaian dampak dari demonstrasi tidak begitu berpengaruh. Kata Tutum, ini sifatnya tidak langsung, konsumen bisa mencari pakaian di lain hari atau di pusat perbelanjaan lain.

Artikel ini sudah ditayangkan di Kontan dengan judul Aprindo: Aksi unjuk rasa dua hari berturut-turut berimbas ke toko ritel

Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved