Prediksi Awal Musim Hujan di Sejumlah Wilayah Indonesia, Menurut BKMG

Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), awalmusim hujan di Indonesia tidak dapat diprediksi secara keseluruhan.

Prediksi Awal Musim Hujan di Sejumlah Wilayah Indonesia, Menurut BKMG
Warta Kota/henry lopulalan
JAKARTA HUJAN TIDAK MERATA - Hujan deras bersama angin turun dikawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (22/3/2016). Jakarta di guyur hujan tidak merata dari hujan deras bersama angin hingga hanya rintik-rintik. 

TRIBUNPALU.COM -  Beberapa wilayah di Indonesia telah mengalami hujan. Namun ada pula pula yang masih merasakan kekeringan.

Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), awalmusim hujan di Indonesia tidak dapat diprediksi secara keseluruhan.

Meski demikian, Kedeputian Klimatologi BMKG, Indra Gustari menuturkan, beberapa wilayah sudah memasuki musim hujan.

Wilayah-wilayah tersebut antara lain Sumatera terutama di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat sudah masuk musim hujan sejak Bulan September lalu.

Kemudian pada bulan Oktober wilayah lain seperti sebagian Kalimantan, Sulawesi, dan beberapa wilayah di Sumatera diprediksi mulai memasuki musim hujan.

Info BMKG Peringatan Gelombang Tinggi: Terdapat Typhoon HAGIBIS, Berlaku hingga 12 Oktober 2019

"Untuk Jawa sebagian kecil daerah ada yang mulai masuk musim hujan di akhir Oktober, tapi sebagian besar akan masuk musim hujan di November," ucap Indra kepada Kompas.com, Jumat (11/10/2019).

Adapun puncak musim hujan untuk tiap daerah berbeda. Namun Indra menuturkan, puncak musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi terjadi pada Januari sampai Februari 2020.

Indra juga mengatakan, suatu wilayah dapat dikatakan mengalami awal musim hujan jika jumlah curah hujan kurang dari 50 milimeter per 10 harian.

"Jadi hujan bisa saja turun di daerah tersebut sebelum awal musim hujan, tetapi jumlahnya masih di bawah 50 milimeter per 10 harian," ujar Indra.

Imbauan BMKG

Memasuki musim hujan, Indra mengimbau agar masyarakat memperhatikan aliran atau limpasan air hujan baik di parit maupun sungai.

BMKG: Waspadai Adanya Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di 10 Perairan Ini

Indra mengimbau agar masyarakat yang berada di sekitar daerah gunung, lembah, atau daerah dengan topografi curam agar wasapda akan potensi longsor.

"Daerah sekitar gunung, lembah, atau topografi curam, yang sudah lama kering akan rentan longsor saat mendapatkan hujan dengan intensitas tinggi," tutur dia.

Dia juga mengimbau agar membersihkan saluran air, sehingga limpasan air hujan tidak terhalang oleh sampah yang bisa mengakibatkan bencana khususnya banjir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prediksi Awal Musim Hujan di Sejumlah Wilayah Indonesia, Menurut BKMG"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved