Sabtu Ini, 17 Gempa Susulan Guncang Ambon dan Sekitarnya

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Ambon mencatat sepanjang hari ini tercatat sebanyak 17 kali gempa bumi susulan mengguncang

Sabtu Ini, 17 Gempa Susulan Guncang Ambon dan Sekitarnya
pixabay
Ilustrasi gempa bumi 

TRIBUNPALU.COM - Gempa susulan di Pulau Ambon dan sekitarnya masih terus terjadi hingga Sabtu (12/10/2019).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Ambon mencatat sepanjang hari ini tercatat sebanyak 17 kali gempa bumi susulan mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya.

“Untuk hari ini pukul 22.00 WIT ada 17 kali gempa susulan yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin kepada Kompas.com, Sabtu malam.

Dia menerangkan dari 17 kali gempa susulan yang terjadi itu, dua diantaranya dirasakan getarannya oleh warga di Pulau Ambon dan sekitarnya.

Kedua gempa susulan yang dirasakan itu bermagnitudo 3,7 yang berpusat di bagian selatan Kairatu, Seram Bagian Barat dan magnitudo 3,0 yang berpusat di timur laut Ambon.

“Dua kali gempa yang dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Bukannya Panik, Ekspresi Bocah SMP di Ambon Ini Malah Girang Gempa Berpotensi Libur Sekolah

Menurut Andi gempa susulan yang terjadi relative menunjukan adanya trend penurunan jika dibandingkan dengan gempa susulan yang terjadi sejak hari-hari pertama setelah gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Ambon dan sekitarnya pada kamis pekan lalu.

“Frekuensinya sudah menurun saat ini, kalau hari-hari pertama itu jumlahnya banyak sekali,”ujarnya.

Dengan tambahan 17 gempa susulan yang terjadi pada hari ini maka jumlah total gempa susulan yang terjadi sejak 26 September telah mencapai 1442 kali gempa. Dari jumlah itu, sebanyak 171 gempa susulan ikut dirasakan getarannya oleh masyarakat.

Sebelumnya Andi menjelaskan gempa susulan yang masih terus terjadi di Maluku hingga saat ini merupakan peristiwa yang normal.   

Halaman
12
Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved