Info Kesehatan

Nyalakan AC Terlalu Lama Saat Cuaca Panas Ternyata Berbahaya! Ini Alasannya

Meskipun meningkatkan kenyamanan di cuaca panas, menggunakan AC sepanjang malam dan hari dapat menimbulkan efek-efek tertentu pada tubuh.

Nyalakan AC Terlalu Lama Saat Cuaca Panas Ternyata Berbahaya! Ini Alasannya
FREEPIK.com
Ilustrasi pendingin ruangan 

TRIBUNPALU.COM - Saat cuaca panas, orang-orang cenderung akan membutuhkan pendingin ruangan seperti Air Conditioner ( AC) atau kipas angin.

Pada suhu yang sangat panas, AC bahkan menjadi sebuah kebutuhan tersendiri.

Akan tetapi, apakah Anda tahu bahwa menggunakan AC dalam periode waktu tertentu dapat menimbulkan efek samping tertentu?

Meskipun meningkatkan kenyamanan di cuaca panas, menggunakan AC sepanjang malam dan hari dapat menimbulkan efek-efek tertentu pada tubuh.

Sudah Terlanjur Bayar Mahal, Berikut Deretan Gaun, Foto, dan Kue Pernikahan yang Mengecewakan

4 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Buat Kulit Wajah, termasuk Seruput Minuman Pakai Sedotan

Melansir dari laman doctor.ndtv.com, berikut beberapa efek yang mungkin dirasakan:

1. Mata kering

Jika mata telah berada pada kondisi kering, berada di tempat berpendingin ruangan terlalu lama dapat memperburuk gejala tersebut. Mata kering akan terasa lebih gatal dan mengalami iritasi. Orang-orang dengan sindrom mata kering lebih baik untuk tidak berada di tempat ber-AC terlalu lama.

2. Kulit kering Kulit kering dan gatal adalah kondisi normal bagi orang-orang yang duduk di ruangan ber-AC terlalu lama. Paparan yang berlebih terhadap AC bersama dengan paparan matahari dapat membuat kulit menjadi kering dan gatal. Kulit dapat kembali menjadi normal setelah beberapa jam berada di luar, tetapi kulit kering dapat bertahan lebih lama dari biasanya.

3. Dehidrasi Tingkat dehidrasi lebih tinggi di ruangan dengan AC jika dibandingkan dengan ruangan-ruangan atau tempat-tempat lainnya. AC menyedot lebih banyak kelembapan dari ruangan sehingga orang yang berada di ruangan tersebut akan mengalami dehidrasi.

4. Masalah-masalah pernapasan Berada di tempat dengan AC dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan masalah-masalah pernapasan pada hidung, tenggorokan, dan mata.

Halaman
123
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved