Pesawat Boeing 737 Max 8 Dikandangkan, Lion Air Sudah Pesan 220 Unit

Di Indonesia sendiri, ada 11 pesawat jenis Boeing 737 Max 8 yang digunakan, di antaranya 10 milik Lion Air dan 1 milik Garuda Indonesia.

Pesawat Boeing 737 Max 8 Dikandangkan, Lion Air Sudah Pesan 220 Unit
Instagram / lionairgroup
Pesawat Lion Air 

TRIBUNPALU.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melarang terbang jenis pesawat Boeing 737 Max 8 sejak Maret 2019 lalu. Hal itu menyusul jatuhnya pesawat milik Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT-610 dan pesawat Ethiopian Airlines tahun lalu.

Di Indonesia sendiri, ada 11 pesawat jenis tersebut yang digunakan, di antaranya 10 milik Lion Air dan 1 milik Garuda Indonesia.

Managing Director Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro mengatakan, pihaknya telah memesan Boeing 737 Max 8 sebanyak 220 unit.

Dari jumlah itu, baru 11 yang diserahterimakan kepada Lion Air, namun kini hanya tersisa 10 unit setelah kecelakaan JT-610.

Boeing Belum Pastikan Kapan 737 Max Bisa Terbang Lagi

Cek Keselamatan Diperpanjang, Operasi Pesawat Boeing 737 Max Bakal Ditangguhkan hingga Januari 2020

6 Masalah Boeing 737 Max 8 yang Pernah Dilaporkan Terjadi Sebelum Insiden Ethiopian Airlines ET302

Daniel mengatakan saat ini belum ada rencana untuk membatalkan pesanan ratusan unit pesawat itu.

"Kita sudah jalin komunikasi yang baik. Belum sampai keputusan seperti itu (pembatalan pesanan) Lebih baik kita menjaga hubungan baik kepada semua pihak," kata Danie di kantor DKPPU, Cengkareng, Jumat (1/11/2019).

Dia melanjutkan, pihanya telah membicarakan soal ganti rugi dengan pabrikan asal Amerika Serikat, Boeing.Co.

"Kita tentunya tetap berkomunikasi sama pihak Boeing terhadap loss benefitnya, terhadap pesawat-pesawat yang di-grounded, kita punya 10 pesawat," kata.

Menurutnya, kompensasi itu berupa biaya training, perawatan, dan kerugian lainnya. Namun, Daniel enggan menyebutkan besaran kompensasi tersebut.

"Mereka sudah berniat baik memberikan kompensasi. Mulai dari training, perawatan, lost opportunity, loss profit. Kompensasi untuk MAX saja yang digrounded, sama yang kita pesan," kata dia.

"Sampai dengan semua dari sisi operasional, maintenance, financial, kita sudah komunikasi dengan Boeing," pungkasnya.

(Tribunnews.com/Ria anatasia)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Boeing 737 Max 8 Dikandangkan, Lion Air Masih Pesan 220 Unit, https://www.tribunnews.com/bisnis/2019/11/01/boeing-737-max-8-dikandangkan-lion-air-masih-pesan-220-unit

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved