Terkini Daerah

BPBD Pati Klarifikasi Viralnya Video Truk Damkar Serempet Sejumlah Motor saat Kebakaran

Dalam tangkapan kamera ponsel berdurasi 11 detik tersebut memperlihatkan detik-detik truk damkar berwarna merah yang melintas kencang di jalan sempit.

BPBD Pati Klarifikasi Viralnya Video Truk Damkar Serempet Sejumlah Motor saat Kebakaran
Dokumen Facebook
Tangkapan layar video viral di facebook yang mendokumentasikan truk damkar terjang sejumlah motor di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. 

TRIBUNPALU.COM - Baru-baru ini, video amatir yang merekam sebuah kendaraan mobil pemadam kebakaran yang melaju dengan kecepatan tinggi menerjang sejumlah kendaraan bermotor yang terparkir di pinggir jalan, viral di media sosial.

Dalam tangkapan kamera ponsel berdurasi 11 detik tersebut memperlihatkan detik-detik truk damkar berwarna merah yang melintas kencang di jalan sempit.

Di lokasi itu terlihat warga yang memarkirkan motor di pinggir jalan.

Saat itu pula terdengar bunyi keras sirine truk damkar hingga suara teriakan seseorang yang memberi peringatan, "Whoiii minggir ! minggir!".

Chef Antok Beberkan Awal Viralnya Masak Gaya Barbar, Ternyata Semua Berawal dari Kejengkelan

Viral Chef Antok dari Babalu Cafe Purwodadi, Masak Sambil Lempar Panci hingga Gas Elpiji 12 Kg

Truk damkar bertuliskan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pati itu terus tancap gas hingga menerjang sejumlah motor yang terparkir di sisi kirinya.

Tak jelas apakah yang terjadi setelah itu. Namun, truk damkar itu masih saja melaju hingga video berdurasi pendek itu telah rampung.

Dalam postingan di akun Facebook "Toni" yang diteruskan ke akun E100, hingga Minggu (3/11/2019) malam sekitar pukul 18.45 WIB, video tersebut telah ditonton ratusan ribu kali, memperoleh 1.356 tanggapan, 1.093 komentar dan 1.156 dibagikan.

Saat dimintai keterangan, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Hadi Santosa membenarkan jika video truk damkar yang menabrak sejumlah kendaraan bermotor merupakan kendaraan operasional damkar Kabupaten Pati.

Hanya saja, setelah pihaknya memintai keterangan kepada pihak terkait, untuk lokasi dan kapan terjadinya belum bisa diketahui.

"Benar itu mobil damkar Pemerintah Kabupaten Pati yang menabrak sejumlah motor. Namun setelah diklarifikasi tidak ada yang ingat kejadian kapan dan di mana. Hal ini mengingat kejadian kebakaran di Kabupaten Pati banyak dan hampir setiap hari," kata Hadi saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Minggu (3/11/2019) malam.

Menurut Hadi, dalam keadaan darurat, tertabraknya sejumlah motor oleh truk damkar di jalan yang sempit rentan terjadi menyusul banyak warga yang berkerumun hingga parkir sembarangan yang berujung menghambat laju truk damkar.

Padahal, sesuai prosedur, sudah ada peringatan dari kendaraan damkar supaya diberikan prioritas untuk melintas.

"Mobil damkar sudah kami lengkapi dengan peralatan standar antara lain sirine dan lampu sebagai peringatan agar diberikan prioritas jalan. Tapi kami sudah memberikan pembinaan kepada petugas damkar supaya berhati-hati saat bertugas," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Truk Damkar Terjang Sejumlah Motor di Pati, Ini Kata Petugas", 

Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved