Sulteng Hari Ini

Selama Tahun 2019, BNNP Sulteng Ungkap 49 Kasus dengan 1,3 Kilogram Sabu-sabu

Kepala BNNP Sulteng, Suyono mengatakan, jumlah pengungkapan itu sudah melebihi target 21 berkas yang diberikan dari BNN pusat.

Selama Tahun 2019, BNNP Sulteng Ungkap 49 Kasus dengan 1,3 Kilogram Sabu-sabu
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Kepala BNNP Sulteng Suyono (dua dari kiri), saat menyampaikan pengungkapan kasus narkoba 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Selama tahun 2019 ini, Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Sulawesi Tengah mengungkap sebanyak 49 kasus yang melibatkan 81 orang tersangka.

Kepala BNNP Sulteng, Suyono mengatakan, jumlah pengungkapan itu sudah melebihi target 21 berkas yang diberikan dari BNN pusat.

Lanjut Suyono, dalam pengungkapan selama Januari-Desember 2019 itu, terdapat barang bukti yang telah disita oleh BNN Se-Sulawesi Tengah sebanyak sabu-sabu sebanyak 1,339 gram atau 1,3 kilogram sabu-sabu.

"Serta ganja 4,30 gram, uang tunai sebanyak Rp139.630.000, kendaraan roda dua 3 unit dan roda empat 2 unit," jelas Suyono, Senin (23/12/2019) siang.

Polisi Bongkar Kasus Perjudian di Food Court Mal Season City

Ibra Azhari Terjerat Kasus Narkoba, Ayu Azhari: Biar Dia Bertanggung Jawab

Selain itu, tambah Suyono, BNNP Sulteng tahun 2019 ini telah melakukan upaya penanganan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Upaya itu kata Suyono, dilakukan terhadap tersangka H Taufan Rahman, seorang residivis bandar narkoba dengan dugaan nilai aset pencucian uang sebanyak Rp3.036.129.000.

"BNN Se-Sulteng terus mengupayakan pemberantasan narkoba dengan maksimal melalio pememutusan jaringan narkoba agar mampu menurukan supply narkoba," ujar Suyono.

Beberapa jaringan yang diupayakan untuk diputuskan adalah jaringan Malaysia dengan tersangka Alimuddin Bin Ajay, dan Jaringan Malaysia – Filipina dengan tersangka Hajar bin Tahir.

" Juga memutus jaringan internasional, "tambah Suyono.

Langkah pemberantasan kata Suyono, tidak akan menghasilkan dampak yang signifikan jika tidak diimbangi dengan demand reduction atau pengurangan permintaan narkoba.

"Pengurangan permintaan itu dapat dilakukan melalui langkah pencegahan dan pemberdayaan masyarakat,"terangnya.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved