FKUB Sulteng dan Polda Sulteng Bahas Keamanan Jelang Pilkada 2020

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah (Sulteng) membahas isu keamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 dengan kepolisian.

FKUB Sulteng dan Polda Sulteng Bahas Keamanan Jelang Pilkada 2020
Istimewa
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah (Sulteng) bahas keamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 dengan pihak kepolisian, Jumat (3/1/2020) siang. 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah (Sulteng) membahas isu keamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 dengan kepolisian, Jumat (3/1/2020) siang.

Ketua FKUB Sulteng Prof Zainal Abidin bertemu perwakilan Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Sulteng.

Pertemuan itu membahas beberapa hal, antara lain mewujudkan dan meningkatkan situasi kamtibmas jelang pilkada lewat pembinaan masyarakat dengan melibatkan tokoh agama, termasuk menangkal gerakan radikal dan intoleransi.

Untuk itu, FKUB Sulteng mengaku siap membantu Polda Sulteng dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif jelang dan pelaksanaa pilkada 2020.

"Keamanan dan ketertiban menjadi kunci dan aspek terpenting yang harus diperhatikan oleh semua pihak," jelas Ketua FKUB Sulteng Prof Zainal Abidin.

Lanjut Prof Zainal, sapaannya, keamanan dan ketertiban tidak hanya menjadi tanggung jawab kepolisian semata.

Tetapi, menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk tokoh-tokoh agama.

Diketahui, beberapa daerah di Sulteng akan menghadapi pesta demokrasi tahun 2020 pemilihan bupati/wali kota, termasuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng.

Oleh sebab itu, Ketua MUI Kota Palu itu menyebutkan , keamanan dan ketertiban jelang pelaksanaan pesta demokrasi harus ditingkatkan.

Hal itu dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak serta menggunakan berbagai instrumen pendekatan termasuk agama.

Halaman
12
Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved