Info BMKG

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan:Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Gelombang Tinggi

BMKG merilis prediksi potensi cuaca ekstrem akan terjadi sepekan ke depan. Masyarakat diimbau waspadai hujan lebat disertai kilat dan gelombang tinggi

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan:Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Gelombang Tinggi
Istimewa
BMKG merilis prediksi potensi cuaca ekstrem akan terjadi sepekan ke depan. Masyarakat diimbau waspadai hujan lebat disertai kilat dan gelombang tinggi 

TRIBUNPALU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memantau masih terdapat indikasi peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo dalam rilis yang diunggah di laman resmi bmkg.go.id.

Cuaca ekstrem ini dipicu oleh adanya peningkatan pola tekanan angin di belahan bumi selatan yang bisa membentuk pola konvergensi atau pertemuan massa udara dengan belokan angin menjadi lebih signifikan.

Sehingga akan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator.

"Berkurangnya pola tekanan rendah di Belahan Bumi Utara (BBU) dan meningkatnya pola Tekanan Rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) mengindikasikan terjadinya peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia, meningkatnya pola tekanan rendah di BBS (sekitar Australia) dapat membentuk pola konvergensi (pertemuan massa udara) dan belokan angin menjadi signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator," tulis Mulyono.

BMKG Catat Sulteng Diguncang Gempa Sebanyak 1.099 Kali Sepanjang Tahun 2019

Tak hanya itu, cuaca ekstrem ini juga menimbulkan potensi ketinggian gelombang laut di wilayah Indonesia hingga mencapai lebih dari 2,5 meter.

Cuaca ekstrem ini pun dipresiksi mulai aktif selama periode sepekan ke depan di wilayah Indonesia.

BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut; banjir bandang, banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Imbauan juga ditujukan kepada masyarakat pesisir yang dapat merasakan dampak tingginya gelombang air laut.

"Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada," kata Mulyono dalam keterangan tertulisnya.

Halaman
12
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved