Breaking News:

5 Daerah Ini Alami Pertumbuhan Penjual Tertinggi Tokopedia di Tahun 2019, Sulawesi Utara Tertinggi

Hasil riset Tokopedia terdapat lima daerah di Indonesia yang paling tumbuh dari segi penjual.

jambi.tribunnews.com
Berdiri sejak 2009, Tokopedia yang didirikan William Tanuwijaya menyediakan jasa perdagangan atau marketplace melalui teknologi. 

TRIBUNPALU.COM - Sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, Tokopedia berlanjut mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengungkapkan, sejak berdiri, Tokopedia selalu berkomitmen mempermudah masyarakat memulai dan menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

"Kini kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online. Hal ini tampak salah satunya dari signifikansi peningkatan jumlah penjual maupun pembeli di luar pulau Jawa sepanjang 2019," jelas Nuraini dalam siaran pers tertulis yang diterima Kontan.co.id pada Rabu (8/1).

Hasil riset Tokopedia terdapat lima daerah di Indonesia yang paling tumbuh dari segi penjual. Sulawesi Utara menduduki nomor satu yaitu 162,64% sebagai daerah yang mengalami pertumbuhan penjual di Tokopedia selama 2019.

Kemudian disusul oleh Maluku Utara 156,46%, Sulawesi Tenggara 154,31%, Nusa Tenggara Timur 144,63%, dan Kalimantan Utara 144,4%.

Siapkan Rencana Turun ke Bursa Saham, Tokopedia Cari Pendanaan Rp 1,5 Miliar Dollar AS

Bersama Tokopedia dan Traveloka, Arab Saudi Rancang Platform untuk Umrah

Tokopedia Pastikan Delapan Member Running Man Hadir di Indonesia Agustus 2019

Di sisi lain, 5 daerah Indonesia dengan pertumbuhan pembeli paling tinggi, posisi puncak diduduki Aceh 19,52%, kemudian kedua Bali 12,06%, selanjutnya Kalimantan Timur 11,8%, Sulawesi Selatan 11,09% dan Sulawesi Utara 10,86%.

Tak hanya itu Nuraini juga mengungkapkan selama 2019 transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2019 terjadi antara pembeli di Papua yang membeli produk cincin batu kecubung api dari penjual di Aceh.

Sebaliknya, Tokopedia juga mencatatkan adanya transaksi produk sepatu olahraga merek lokal antara pembeli di Aceh dengan penjual di Papua.

Kini, sudah ada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia yang tersebar di 97% kecamatan di Indonesia. Selain itu ada lebih dari 7 juta masyarakat Indonesia telah memulai dan mengembangkan bisnis lewat Tokopedia untuk memasarkan lebih dari 200 juta produk terdaftar dengan harga transparan.

Ke depannya, Nuraini menyebut Indonesia akan selalu menjadi fokus utama Tokopedia. Adapun demi mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital, Tokopedia akan membantu para petani, nelayan, pemilik warung dan jutaan profesi lainnya di Indonesia dalam memulai dan menciptakan peluang dengan berevolusi menjadi 'perusahaan teknologi' lewat ekosistem Tokopedia.

“Harapannya, seluruh profesi di Indonesia bisa selalu relevan terhadap perubahan zaman sekaligus terus ikut berkontribusi terhadap perekonomian negara,” tuturnya.

Artikel in telah tayang di Kontan dengan judul "Sulawesi Utara jadi daerah dengan pertumbuhan penjual tertinggi Tokopedia di 2019"

Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved