Breaking News:

Miris, Bangunan Sekolah Rusak, Murid SDN Samudrajaya 04 Bekasi Dipulangkan jika Hujan Turun

Kepala SDN Samudrajaya 04, Adi Siswanto berujar, pihaknya semakin sering lebih cepat memulangkan murid-murid sehubungan dengan datangnya musim hujan.

(KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN)
Keadaan SDN Samudrajaya 04 di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi rusak sana-sini dan tetap difungsikan sebagai tempat belajar para murid, Senin (20/1/2020). 

TRIBUNPALU.COM - Kepala SDN Samudrajaya 04, Adi Siswanto berujar, pihaknya semakin sering lebih cepat memulangkan murid-murid sehubungan dengan datangnya musim hujan.

Soalnya, gedung sekolah tersebut dinilai amat rentan ambruk jika diterpa angin kencang. Plafon-plafonnya sudah berlubang, rangka atapnya pun rapuh.

"Kemarin itu (saat hujan) juga ada genteng yang jatuh. Kami instruksikan para guru supaya dikosongkan saja ruang kelasnya, daripada kena musibah," ujar Adi ditemui wartawan pada Senin (20/1/2020).

"Hampir semua (ruang kelas) bocor. Jadi kalau hujan sudah turun, kita langsung memulangkan anak-anak," ia menambahkan.

Di samping atap yang rentan ambruk, aktivitas belajar-mengajar memang sulit dilaksanakan di sekolah tersebut karena sebagian dindingnya sudah jebol.

Menyisakan lubang, air hujan begitu leluasa masuk ke dalam ruang kelas, terlebih jika hujan turun bersama dengan sapuan angin kencang.

"Yang dikhawatirkan adalah sekolah ini roboh, kayak sekolah-sekolah yang lain, seperti yang di Muaragembong (Kabupaten Bekasi) yang sudah rubuh beberapa waktu lalu," timpal guru olahraga SDN Samudrajaya 04, Sayyidina Ali.

Ia merujuk SMPN 1 Muaragembong yang sempat ditinjau Presiden RI Joko Widodo, 31 Januari 2019 silam.

Ali menjelaskan, bukan hanya ruang-ruang kelas yang bocor dan diterpa hujan. Ruang guru dan perpustakaan pun sama.

Ruang perpustakaan malah sudah rusak, sehingga keberadaannya digabung di ruang guru.

Sebagai informasi, keadaan SDN Samudrajaya 04 di Kabupaten Tarumajaya, Kabupaten Bekasi amat memprihatinkan. Sejumlah ruang kelasnya rusak tak terawat.

Para murid terpaksa belajar di kelas yang ubinnya bergelombang, bahkan sebagian keramiknya mengelupas menyisakan tanah merah.

Atapnya penuh lubang. Dinding-dinding serta sekat antarkelasnya jebol. Sejumlah jendela tak berkaca. Pintu kelas lapuk dan sulit digeser.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Takut Sekolah Rubuh, Murid SDN Samudrajaya 04 Bekasi Dipulangkan jika Hujan"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved