Update Gempa 6,1 M di Sulut, BPBD Imbau Warga Waspadai Hoaks

Warga di Sangihe Talaud, Sulawesi Utara panik dan berlarian keluar rumah usai terjadi gempa bermagnitudo 6,1, Kamis (6/2/2020).

Update Gempa 6,1 M di Sulut, BPBD Imbau Warga Waspadai Hoaks
lacity.org
Ilustrasi seismograf gempa bumi. 

TRIBUNPALU.COM - Warga di Sangihe Talaud, Sulawesi Utara panik dan berlarian keluar rumah usai terjadi gempa bermagnitudo 6,1, Kamis (6/2/2020).

Berdasar rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), sempat terjadi gempa susulan dengan magnitudo 5,3.

Namun, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Talaud Bonifasius Wangkanusa, mengimbau warga untuk tidak percaya kabar hoaks.

"Juga tidak mudah percaya kepada informasi yang tidak benar," kata Bonifasius.

Selain itu, Bonafasius menambahkan, berdasarkan keterangan warga di Pulau Miangas, gempa terjadi dua kali.

Pihaknya juga masih terus memantau ada tidaknya kerusakan akibat gempa tersebut.

"Laporan dari Pulau Miangas, gempa sangat terasa di daerah tersebut. Warga di sana merasakan dua kali guncangan. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan," kata Bonifasius lewat pesan singkat.

Seperti diketahui, titik pusat gempa bermagnitudo 6,1 tersebut berada di di 160 kilometer barat laut Melonguane, Sulawesi Utara, dengan kedalaman 10 kilometer.

"Gempa dirasakan IV MMI di Pulau Miangas, Kepulauan Talaud, dan II-III MMI di Melonguane dan Tahuna," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Kamis malam.

Sementara itu, dari penelusuran Kompas.com, gempa bermagnitudo 5,0 terjadi pada Jumat (7/2/2020) pada pukul 4.06 WIB, di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari rilis resmi BMKG, www.bmkg.go.id, pusat gempa berada 150 kilometer Barat Daya KODI-SUMBA BARAT DAYA-NTT. Getaran gempa tersebut dirasakan di wialyah Bima dan Sumbawa Barat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Update Gempa 6,1 M di Sulut, BPBD Imbau Warga Tak Percaya Hoaks"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved