Rutan Palu Perketat Penjagaan Pasca Penangkapan Sabu 1 Kilogram yang Diduga Terkait Warga Binaannya

Petugas alias sipir di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu menggeledah 500 lebih warga binaan pada Rabu (12/2/2020) malam.

Rutan Palu Perketat Penjagaan Pasca Penangkapan Sabu 1 Kilogram yang Diduga Terkait Warga Binaannya
Dokumentasi Rutan Palu
Petugas alias sipir di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu menggeledah sebanyak 500 lebih warga binaan. 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Petugas alias sipir di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu menggeledah 500 lebih warga binaan pada Rabu (12/2/2020) malam.

"Penggeledahan itu pasca ditangkapnya penyelundupan sabu yang pemesannya dari Rutan Palu," jelas Kepala Riyan Palu Yansen, Kamis (13/2/2020) siang.

Hal itu kata Yansen, untuk mensterilkan sekaligus untuk mencegah adanya isu atas peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam Rutan Palu.

Proses penggeledahan berlangsung sekitar 3 jam lebih.

Yansen menambahkan, razia itu merupakan agenda rutin dari sipir untuk warga binaan, biasa di lakukan pada siang hari dan malam hari.

Namun, dengan tertangkapnya warga Medan yang menyelundupkan sabu 1 kilogram ke Palu melalui jalur udara, dikaitkan dengan warga binaan yang sedang menjalani hukuman, pihaknya semakin memperketat pengawasan bagi warga binaan.

"Sehingga langsung dilakukan operasi dan penggeledahan yang sangat ketat," tambah Yansen.

Dalam operasi tersebut, ada sekitar 10 unit handphone ditemukan yang disembunyikan di sejumlah titik, seperti dalam toilet, selokan dan kamar mandi.

Namun, untuk kepemilikan handphone, sudah di catat dan akan dilanjutkan pemeriksaan BAP oleh unit Pengamanan Rutan.

"Penjagaan untuk tamu yang berkunjung sudah sangat ketat bahkan berlapis hingga melewati 2 pintu, tapi tetap ada lagi barang bukti yang di amankan, selain handphone, kabel kabel pisau kita amankan dan itu semua dilarang untuk berada dalan Rutan," tegas Yansen.

Sementara itu, untuk bisa mengungkap sindikat narkoba, khususnya kepemilikan dari pemupang pesawat tersebut, pihak Rutan terus melakukan koordinasi pihak-pihak terkait.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved