Hunian Tetap Tahap Pertama Bisa Mulai Dihuni Korban Gempa dan Tsunami Palu April 2020

Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR memastikan korban bencana alam di Palu, Sulawesi Tengah, dapat menempati hunian tetap (huntap) mulai Apri

Hunian Tetap Tahap Pertama Bisa Mulai Dihuni Korban Gempa dan Tsunami Palu April 2020
TRIBUNPALU.COM Muhakir Tamrin
Rumah contoh Hunian Tetap (Huntap) yang dibangun di Kelurahan Tondo, Senin (4/3/2019). Huntap itu akan ditempati oleh 1.000 kepala keluarga pengungsi di Kota Palu. 

TRIBUNPALU.COM - Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR memastikan korban bencana alam di Palu, Sulawesi Tengah, dapat menempati hunian tetap (huntap) mulai April 2020 mendatang.

“Pembangunan huntap bagi korban bencana di Palu untuk tahap pertama selesai dan dapat dihuni akhir April 2020,” ujar Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Rezki Agung pada keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Kamis (20/2/2020).

Rezki mengatakan Kementerian PUPR membangun huntap di dua daerah yakni di Kelurahan Duyu Kota Palu dan Desa Pombewe Kabupaten Sigi masing-masing 400 unit dan 230 unit.

Untuk itu dia akan terus berkoordinasi dengan kontraktor pelaksana pembangunan huntap di Palu yakni PT Wijaya Karya Beton.

Rezki menginstruksikan seluruh tim terkait pembangunan huntap bekerja dengan maksimal, sehingga, pembangunannya cepat selesai dan dapat diperoleh manfaatnya.

"Kami telah menugaskan tenaga kerja ahli membangun rumah serta memaksimalkan waktu dengan baik agar hunian tersebut cepat selesai dan nyaman untuk ditempati para korban bencana alam,” ucap Rezki.

Untuk dikatahui, Kementerian PUPR membangun huntap menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) yang dikembangkan oleh Puslitbangkim Kementerian PUPR.

Adapun tipe huntap yang dibangun Kementerian PUPR merupakan rumah tipe 36 meter persegi dan tanah 150 meter persegi.

Pemanfaatan teknologi Risha yang menggunakan panel dari beton diharapkan dapat membuat hunian tersebut tahan terhadap guncangan gempa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "April, Hunian Tetap Bisa Dihuni Korban Gempa dan Tsunami Palu"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved