Breaking News:

Menkeu Sri Mulyani Sebut Ada Dua Skenario Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Covid-19

Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) telah melakukan asesmen pertumbuhan ekonomi 2020.

Tribunnews.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

TRIBUNPALU.COM - Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) telah melakukan asesmen terhadap pertumbuhan ekonomi 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, ekonomi Indonesia masuk dalam 2 skenario yakni bisa tumbuh 2,3 persen dan minus 0,4 persen.

"Kami memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi akan turun ke 2,3 persen. Bahkan dalam skenario yang lebih buruk bisa mencapai negatif 0,4 persen," ujarnya saat teleconference di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

 

Kondisi ini dinilainya akan menyebabkan penurunan terhadap kegiatan ekonomi, sehingga berpotensi menekan lembaga keuangan.

"Karena kemudian kredit-kredit tidak bisa dibayarkan atau bahkan diberikan relaksasi untuk tidak membayar. Kemudian, perusahaan-perusahaan mengalami kesulitan dari sisi pendapatan dan tentu saja mempengaruhi kemampuan mereka untuk membayar utang-utangnya," kata Sri Mulyani.

Virus Corona di China Mulai Mereda. Pasar di Wuhan Kembali Jual Belikan Daging Kelelawar

Dokter RS Persahabatan: Ini Sebab Jumlah Pasien Meninggal di Indonesia Lebih Banyak dari yang Sembuh

Fakta Kecelakaan di Karawaci yang Tewaskan Pejalan Kaki: Pelaku Mabuk dan Sempat Aniaya Istri Korban

Menurut eks direktur pelaksana Bank Dunia itu, transmisi masalah kemanusiaan dan kesehatan menjadi masalah sosial hingga ekonomi.

"Kemudian terhadap masalah ancaman stabilitas keuangan menjadi sangat nyata. Pertumbuhan ekonomi 2,3 persen, bahkan kalau berat bisa negatif adalah karena konsumsi rumah tangga akan menurun, investasi juga akan menurun," pungkasnya.

Adapun, konsumsi rumah tangga diperkirakan turun antara 3,2 persen hingga 1,6 persen dan investasi akan merosot dari perkiraan 6 persen menjadi 1 persen hingga negatif 4 persen.

(Tribunnews.com/Yanuar Riezqi Yovanda)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 2 Skenario Menkeu Sri Mulyani soal Pertumbuhan Ekonomi RI di Tengah Wabah Corona

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved