Breaking News:

Donald Trump Sebut Suntikkan Disinfektan ke Tubuh Pasien Covid-19, Dokter: Itu Saran yang Konyol

"Sebagai seorang dokter, saya tidak menyarankan menyuntik cairan disinfektan ke paru-paru, Jangan mendengarkan nasihat medis dari Donald Trump."

Anthony Behar via time.com
Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump. 

TRIBUNPALU.COM - Di tengah merebaknya pandemi wabah virus corona Covid-19, Donald Trump kembali melontarkan pernyataan kontroversial.

Kali ini Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45 tersebut menyarankan agar digelar riset untuk mengetahui apakah pasien Covid-19 dapat disembuhkan dengan cara menyuntikkan cairan disinfektan ke dalam tubuhnya.

Donald Trump juga menyarankan agar sinar ultraviolet dipancarkan langsung ke tubuh pasien.

Idenya ini langsung dibantah oleh seorang dokter yang hadir dalam rapat gugus tugas penanganan virus corona di Gedung Putih, Washington, Kamis (23/4/2020) waktu setempat atau Jumat WIB.

Awalnya, dalam rapat bersama gugus tugas penanganan virus corona, seorang pejabat AS menjabarkan hasil riset pemerintah yang mengindikasikan virus corona terlihat melemah jika terpapar cahaya matahari dan suhu udara hangat.

Riset tersebut juga menunjukkan cairan pemutih dapat membunuh virus dalam ludah atau cairan pernafasan lainnya dalam waktu lima menit.

Alkohol isopropyl bahkan dapat mematikannya secara lebih cepat.

Menentang Saran Trump Soal Klorokuin Jadi Obat Covid-19, Pakar Vaksin AS Didepak dari Pekerjaannya

Donald Trump Hentikan Aliran Dana, Bill Gates Tingkatkan Kontribusi Dana ke WHO

Bill Gates Sebut 5 Kunci Hadapi Pandemi Covid-19: Seperti Perang Dunia, tapi Kita di Pihak yang Sama

Hasil studi tersebut dijabarkan dalam sebuah konferensi pers oleh William Bryan, Pelaksana Tugas Kepala Direktorat Sains dan Teknologi di Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS.

Trump lalu menyarankan agar riset tersebut didalami lebih lanjut, meski ia juga mencatat riset tersebut perlu ditelaah secara hati-hati.

"Jadi, sepertinya kita bisa menyinari tubuh dengan banyak sinar ultraviolet, atau sinar kuat lainnya," kata Trump, sambil melihat ke arah Dr Deborah Birx, Koordinator Penanganan Virus Corona Gedung Putih.

Halaman
123
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved