Breaking News:

Beda Sikap dengan Mahfud MD, Pemkot Tegal dan MUI Tegal Perbolehkan Salat Idul Fitri di Masjid

"Rapat tadi menegaskan kembali rapat sebelumnya. Akhirnya kita sepakat shalat Id boleh dilaksanakan di masjid, mushala, dan tempat terbuka," kata Juma

Editor: Bobby Wiratama
KOMPAS.com/Tresno Setiadi
Wakil Wali Kota Tegal M. Jumadi menggelar rapat dengan Forkopimda, MUI dan organisasi kegamaan membahas pelaksanaan shalat Idul Fitri, di Balai Kota Tegal, Selasa (19/5/2020) 

TRIBUNPALU.COM - Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, dan Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Kota Tegal memutuskan untuk memperbolehkan masjid dan mushala menggelar shalat Idul Fitri 1441 H.

Keputusan itu berbeda dengan Pemprov dan MUI Jawa Tengah yang mengimbau masyarakat melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah.

Wakil Wali Kota Tegal M. Jumadi mengatakan, keputusan itu diambil setelah ada kesepakatan bersama dengan MUI, NU, Muhammadiyah, Dewan Pengurus Masjid, serta Forkopimda saat rapat di Balai Kota Tegal, Selasa (19/5/2020).

"Rapat tadi menegaskan kembali rapat sebelumnya. Akhirnya kita sepakat shalat Id boleh dilaksanakan di masjid, mushala, dan tempat terbuka," kata Jumadi usai rapat.

Menurut Jumadi, ada sejumlah syarat yang harus dilakukan oleh pengurus masjid dan mushala termasuk jemaah.

"Protokol kesehatan harus dilaksanakan. Jemaah pakai masker, cuci tangan, ada thermogun, jaga jarak, semuanya harus diikuti. Kalau tidak bisa ya masjid jangan gelar shalat Id," kata Jumadi.

Mahfud MD Tegaskan Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Dilarang Sesuai Permenkes

Menag Imbau Umat Muslim Salat Ied di Rumah, Gus Nadir: Nanti Saya Buatkan Khutbah untuk Para Bapak

Menurut Jumadi, keputusan itu mendasari Fatwa MUI No. 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan shalat Idul Fitri saat pandemi Covid-19.

"Ini berdasar turunan Fatwa MUI No. 28 tahun 2020, dan MUI Kota Tegal serta organisasi keagamaan. Namun sekali lagi yang sakit shalat di rumah masing-masing," kata Jumadi.

Ketua MUI Kota Tegal KH. Abu Chaer Annur mengatakan, imbauan MUI Provinsi Jateng agar tidak melaksanakan shalat Id di masjid dan mushala kurang tepat diterapkan di Kota Tegal.

Pasalnya, kata Abu, Kota Tegal masuk dalam zona hijau atau aman.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved