Presiden AS, Donald Trump Surati WHO, Ancam akan Hentikan Dana Secara Permanen

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menyurati Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengancam akan menghentikan dana secara permanen.

MANDEL NGAN / AFP
Presiden AS Donald Trump berbicara selama pengarahan harian tentang virus corona baru, yang menyebabkan COVID-19, di Kebun Mawar Gedung Putih pada 14 April 2020, di Washington, DC. 

TRIBUNPALU.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menyurati Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengancam akan menghentikan dana secara permanen.

Surat itu berisi tenggat waktu untuk WHO agar mau berkomitmen memperbaiki badan secara substantif dalam 30 hari, sebelum AS benar-benar menarik pendanaan atas Covid-19.

Dikutip dari BBC, surat itu ditujukan langsung kepada Direktur WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Tidak lupa surat itu menuliskan kritikan bagi Tedros yang dianggap AS tidak cakap merespons virus corona sejak Desember 2019.

Sebelumnya, Trump sempat menyebut badan kesehatan PBB itu sebagai 'boneka China'.

Sudah bukan rahasia lagi, selama ini Trump menyalahkan China atas pandemi Covid-19 di dunia.

Presiden menganggap pemerintah Xi Jinping berusaha menutupi wabah sejak awal dan menuduh WHO tidak berusaha minta pertanggungjawaban Beijing atas semua ini.

Presiden AS Donald Trump mengunjungi pabrik Honeywell International Inc. yang memproduksi masker N95 dalam perjalanan pertamanya sejak lockdown akibat COVID-19 yang berlaku mulai 5 Mei 2020, di Phoenix, Arizona.
Presiden AS Donald Trump mengunjungi pabrik Honeywell International Inc. yang memproduksi masker N95 dalam perjalanan pertamanya sejak lockdown akibat COVID-19 yang berlaku mulai 5 Mei 2020, di Phoenix, Arizona. (AFP/Brendan Smialowski)

Sejauh ini, AS mencatat lebih dari 1,5 juta kasus infeksi.

Adapun angka kematiannya melebihi 90.000 jiwa.

Ultimatum Trump yang dikirim melalui surat ini datang tepat di saat WHO mengalami tekanan lainnya.

Pada Senin (18/5/2020), Tedros mengaku mendukung tinjauan penanganan pandemi.

Halaman
123
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved