Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Jusuf Kalla Ajak Masyarakat Berjuang Lawan Covid-19

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menilai masyarakat tidak boleh menyerah terhadap Covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla memberikan sambutan saat Munas PMI XXI di Jakarta, Senin (16/12/2019). Munas diikuti oleh 800 peserta yang merupakan jajaran pengurus PMI di Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota serta mitra PMI. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNPALU.COM - Wabah virus corona Covid-19 masih meluas di berbagai wilayah di Indonesia.

Perjuangan untuk melawan wabah virus tersebut tentu masih panjang.

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 2020, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menilai masyarakat tidak boleh menyerah terhadap Covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

Dengan semangat kebangkitan bangsa, JK mengajak masyarakat untuk melawan pandemi Covid-19.

"Kita harus berjuang bersama-sama untuk melawan virus ini dengan mematikannya. Itu yang kita lakukan, antara lain dengan desinfektan secara menyeluruh, sterilisasi kota secara menyeluruh, hanya itu yang dapat mencegah penularannya di samping menghindarinya," kata Jusuf Kalla dalam siaran BNPB, Rabu (20/5/2020).

Jenazah ABK WNI Dilarung di Perairan Somalia: Kronologi, Penelusuran Kemenlu, dan Dugaan Penyiksaan

Update Corona Sulteng Rabu 20 Mei 2020 Tambah 22 Kasus ODP dan 2 PDP, Nihil Kasus Konfirmasi Positif

Setelah 32 Tahun Diculik, Pria Ini Bertemu Lagi dengan Orang Tuanya, Berkat Teknologi Pengenal Wajah

Sebaran Corona di Indonesia Rabu 20 Mei 2020 Tambah 693 Kasus Baru, Kenaikan Tertinggi di Jawa Barat

Wakil Presiden ke-5 dan 7 RI tersebut mengatakan bahwa PMI pun memfokuskan diri antara lain untuk melawan Covid-19, bukan membiarkannya ke mana-mana.

Sebab, tanpa melawan, JK mengatakan akan ada kesakitan dan kematian lagi akibat Covid-19.

"Karena itu akan menyebabkan kesibukan para dokter kita, rumah sakit kita akan penuh, jadi rumah sakit akan penuh apabila kita tidak melawannya dan tidak disiplin untuk terhindar dari virus itu," katanya.

JK pun memberi formula agar masyarakat bersama-sama melakukan tindakan terhadap Covid-19, yakni dengan menghindarinya, melawannya, dan bersiap jika terjadi penularan.

"Mari kita bangkitkan semangat bukan untuk merdeka karena kita sudah merdeka, bukan semangat kita untuk meningkatkan nasionalisme karena kita sudah nasionalis, tapi semangat untuk menyelamatkan bangsa ini daripada kesulitannya, penyakitnya, virusnya. Itu bisa dilakukan dengan disiplin, hanya itu kita berupaya sambil berdoa tentunya dan itulah merupakan harapan kita dalam bulan suci ramadan ini yang akan segera berakhir," kata JK.

"Ikutilah petunjuk yang diberikan oleh pemerintah, oleh pejabat, atau juga oleh masyarakat secara keseluruhan kita bersama melawan itu dengan mensterilisasi rumah kita, masjid kita, gereja-gereja. Itu cara untuk menyelamatkan dan membangkitkan bangsa ini," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Jusuf Kalla Ajak Masyarakat Hindari Sekaligus Lawan Covid-19
Penulis: Reza Deni

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved