Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Idul Fitri 1441 H, Gantinya Ada Takbir Akbar Virtual

Sebagai gantinya, Masjid Istiqlal akan menyelenggarakan Takbir Akbar secara virtual.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Foto ilustrasi - Jemaah melakukan tadarus di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (7/6/2018). Beragam aktivitas dilakukan jemaah untuk menunggu waktu berbuka puasa seperti beribadah, memperdalam ilmu agama, dan hanya sekedar menikmati suasana Masjid Istiqlal. 

TRIBUNPALU. COM- Pengurus Masjid Istiqlal terpaksa tak menggelar shalat Idul Fitri berjemaah pada 1 Syawal 1441 Hijriah, mengingat saat ini pandemi covid-19 masih terjadi Jakarta.

Sebagai gantinya, Masjid Istiqlal akan menyelenggarakan Takbir Akbar secara virtual.

Sesuatu yang baru pernah dilakukan sepanjang sejarah Masjid Istiqlal.

Masyarakat juga dapat menjadi saksi atas peristiwa "bersejarah" ini juga.

"Takbir Akbar Virtual dapat diakses melalui melalui channel resmi YouTube Masjid Istiqlal dan melalui TVRI," sebut Kepala Protokol Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah kepada Kompas.com, Jumat (22/5/2020).

"Ada sambutan dari Menteri Agama dan pesan yang disampaikan oleh beberapa Gubernur," tambah dia.

Di masjid, Abu mengatakan, Takbir Akbar virtual ini akan dihadiri oleh lima orang saja yang berperan sebagai imam dan muazin yang melantunkan takbir.

Selain melantunkan takbir, Takbir Akbar virtual Masjid Istiqlal juga rencananya akan diisi oleh beberapa pihak lain yang hadir dari jarak jauh dengan bantuan rekaman video.

"Ada sambutan ucapan dari Bapak Wapres (Ma'ruf Amin) dan kami usahakan Pak Presiden Joko Widodo juga memberikan sambutan dan ucapan hari raya (Idul Fitri)," kata Abu.

Selain RI 1 dan 2, Takbir Akbar virtual juga akan disambut oleh sejumlah menteri dan gubernur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masjid Istiqlal Gelar Takbir Virtual, Ini Isi Acara dan Cara Menontonnya"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved