Breaking News:

Jokowi Minta Menteri dan Gugus Tugas Kendalikan Arus Balik untuk Cegah Gelombang Kedua Covid-19

Jokowi meminta jajaran kementerian serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 agar mengendalikan arus balik idul fitri 1441 H.

Instagram.com/sekretariat.kabinet/
Potret Presiden Joko Widodo saat memberikan Keterangan Pers mengenai Perkembangan Penanganan dan Pencegahan Wabah Virus Corona (Covid-19) 

TRIBUNPALU.COM - Pandemi virus corona Covid-19 di Indonesia masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. 

Oleh karenanya, dibutuhkan berbagai langkah antisipasi untuk memutus mata rantai penularan virus yang bernama ilmiah SARS-CoV-2 ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran kementerian serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 agar mengendalikan arus balik Idul Fitri 1441 Hijriah.

Tujuannya agar tidak terjadi gelombang kedua penyebaran Covid-19.  

"Saya ingin menekankan beberapa perhatian, baik kepada para menteri maupun ketua Gugus Tugas. Ini penting untuk kita kendalikan agar tidak terjadi sirkulasi bulak balik dalam penyebaran virus yang berpotensi untuk memunculkan gelombang yang kedua," kata Presiden dalam rapat terbatas percepatan penanganan Pandemi Covid-19, Rabu  (27/5/2020).

Deretan Fakta tentang Gempa Bumi Yogyakarta 27 Mei 2006, termasuk Kontroversi 5 Pusat Gempa

14 Tahun Berlalu, Simak Deretan Kisah Korban Selamat dari Gempa Yogyakarta 27 Mei 2006

14 Tahun Gempa Yogyakarta dalam Kenangan: Mengajarkan Kita untuk Saling Mendukung dan Berbagi

Terutama menurut Presiden arus balik ke wilayah Jabodetabek. Sehingga, tingkat penularan virus dapat ditekan atau R0 atau R-nought (R0) berada di bawah 1. 

"Saya melihat data tadi pagi trend untuk R0 atau RT DKI Jakarta sudah dibawah 1, sehingga ini harus kita tekan agar lebih menurun lagi," kata Presiden.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memperpanjang pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 selama sepekan hingga 7 Juni 2020 nanti.

Hal ini sebagai upaya untuk menekan jumlah arus balik kendaraan khususnya ke ibu kota usai Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.‎ 

Sebelumnya Operasi ini dijadwalkan mulai 24 April hingga 31 Mei 2020.

Halaman
12
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved