Breaking News:

DMI Keluarkan Surat Edaran Pembukaan Masjid untuk Salat Wajib dan Salat Jumat

Dewan Masjid Indonesia menerbitkan surat edaran yang menyerukan pembukaan kembali masjid untuk pelaksanaan salat wajib lima waktu dan Salat Jumat.

Twitter/UmaruddinM
ILUSTRASI -- Masjid di Bantul memandu salat tarawih di tengah bulan Ramadan 2020 dengan menggunakan pengeras suara. Sementara, warga kampung melaksanakan ibadah salat tarawih di rumah saja. 

TRIBUNPALU.COM - Hadirnya new normal di tengah pandemi virus corona Covid-19, masyarakat diminta untuk menerapkan protokol kesehatan di segala aktivitas sehari-hari, tak terkecuali beribadah.

Termasuk bagi umat Muslim, pembukaan masjid dan pelaksanaan ibadah salat di dalamnya harus memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) menerbitkan surat edaran yang menyerukan pembukaan kembali masjid untuk pelaksanaan salat wajib lima waktu dan Salat Jumat.

Surat Edaran dengan Nomor 104/PP-DMI/A/V/2020 tentang Edaran ke-III dan Jamaah dalam The New Normal ini diterbitkan untuk menindaklanjuti SE Menteri Agama No SE 15/2020 dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No 14/2020.

Surat tersebut ditandatangani Ketua Umum DMI Jusuf Kalla dan Sekretaris Jenderal Imam Adduruqutni.

"Membuka masjid untuk jamaah baik salat wajib lima waktu maupun Jumatan dengan tetap mengikuti perkembangan informasi penularan Covid-19 di daerah setempat," bunyi surat tersebut yang diterima Tribunnews.com pada Senin (1/6/2020).

Kenang Satu Tahun Kepergian Ani Yudhoyono, SBY: Istirahatlah dengan Tenang Istriku Tercinta

Tewaskan 1 Penambang Belerang, Ahli Sebut Gelombang Setinggi 3 Meter di Gunung Ijen adalah Tsunami

Ternyata Ini Makna dari Kode ACAB dan 1312 yang Sering Terlihat di Foto Aksi Demo Kasus George Floyd

Melalui surat itu, DMI tetap meminta agar pengurus masjid memperhatikan keselamatan jamaah dengan menerapkan protokol cegah tangkal Covid-19.

Para jamaah diminta menjaga jarak minimal 1 meter, mengenakan masker, membawa sajadah atau saputangan sendiri

Pengurus masjid juga diminta untuk menggulung karpet, disiplin membersihkan lantai masjid atau musala dengan karbol dan disinfektan, serta menyiapkan hand sanitizer atau sabun.

Selain itu, pengurus diminta memanfaatkan pengeras suara masjid sebagai media siar yang efektif untuk informasi penting dan bersifat darurat terkait cegah-tangkal Covid-19.

Halaman
12
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved