Rupiah Dibuka Menguat ke Rp 14.075 per Dolar AS, Naik 0,14 Persen, Ini Alasannya

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot kembali menguat ke Rp 14.075 per dolar AS, Jumat (5/6/2020), pukul 09.17 WIB.

Kontan/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi pertukaran mata uang rupiah 

TRIBUNPALU.COM – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot kembali menguat ke Rp 14.075 per dolar AS, Jumat (5/6/2020), pukul 09.17 WIB.

Berdasarkan data Bloomberg, posisi menguat 0,14 persen dibandingkan penutupan Kamis (4/6/2020), yakni Rp 14.095 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah berada di level Rp 14.100 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah akhir pekan ini sedikit tertekan lantaran data ekonomi.

Data tersebut, menunjukkan peningkatan angka pengangguran sehingga berdampak pada tertahannya aset berisiko yang masuk ke pasar domestik.

 “Penguatan aset-aset berisiko agak tertahan pagi ini karena pasar mengevaluasi data-data ekonomi yang masih memburuk seperti data tenaga kerja yang masih menunjukkan peningkatan pengangguran."

"Malam ini pasar akan menantikan data tenaga kerja AS-Non Farm Payrolls,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Namun, Ariston menilai aset berisiko masih berpotensi menguat hari ini karena pasar masih merespon positif pembukaan ekonomi negara pandemi.

Ia menambahkan, rencana stimulus baru dari beberapa negara seperti AS, Jepang dan Zona Eropa yang akan membantu pemulihan ekonomi ke depan.

“AS masih dalam diskusi untuk menggelontorkan stimulus fiskal baru."

Halaman
1234
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved