Polisi Tangkap Penyebar Hoaks Viral Penampakan Pocong di Purbalingga

Tersangka YS, kata Meiyan, mengunggah video penampakan pocong di akun Facebook miliknya.

Tribunjateng.com/istimewa
Warga Kalikabong Kecamatan Kalimanah digegerkan dengan penampakan pocong. Warga berbondong-bondong mencari pocong tersebut. (Istimewa) 

TRIBUNPALU.COM - Sejak beberapa waktu terakhir, warga Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, digegerkan dengan kabar penampakan pocong di sejumlah tempat.

Kabar tersebut cepat menyebar setelah adanya video penampakan pocong yang beredar melalui dunia maya.

Kasat Reskrim AKP Meiyan Priyantoro menyatakan, berdasarkan hasil penelusuran tim khusus yang dibentuk, kabar mengenai penampakan pocong tersebut tidak benar.

Polisi telah menangkap dua orang yang diduga menjadi penyebar hoaks penampakan pocong.

Keduanya yaitu seorang pria berinisial YS (33) warga Kecamatan Kemangkon dan perempuan berinisial ICS (15) warga Kecamatan Kutasari.

"Dua orang telah kami amankan dan kami mintai keterangan terkait penyebaran isu pocong melalui media sosial," kata Meiyan melalui keterangan tertulis, Sabtu (6/6/2020).

Beberapa Serangan di Intan Jaya pada Mei 2020 Diyakini Ulah Kelompok Militer Pimpinan Murib

Diminta Jadi Ketum Gerindra 2020-2025 , Prabowo Subianto Patuhi Keputusan Partai

Tersangka YS, kata Meiyan, mengunggah video penampakan pocong di akun Facebook miliknya. Dalam unggahan tersebut disertai kalimat "jembatan kembangan lurr wates Klampok".

YS mengaku mendapatkan video tersebut dari status WhatsApp temannya.

Kemudian YS mengunggah melalui akun Facebook miliknya disertai kalimat yang seolah-olah menunjukkan lokasi kejadian di Jembatan Kembangan, Kecamatan Bukateja.

"Pelaku mengaku mendapat video tersebut dari status WhatsApp temannya. Pelakunya kemudian memposting video tersebut ke Facebook karena iseng. Namun akibatnya, membuat resah masyarakat," jelas Meiyan.

Sedangkan pelaku ICS (15), kata Meiyan, mengaku mendapatkan video tersebut dari saudaranya, kemudian diunggah sebagai status WhatsApp.

"Saat dikonfirmasi oleh temannya pelaku mengatakan video tersebut diambilnya sendiri saat melintas di Desa Meri, Kecamatan Kutasari. Akhirnya informasi tersebut tersebar luas dan menimbulkan keresahan," ujar Meiyan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Geger Video Penampakan Pocong, Polisi Tangkap 2 Orang Penyebar Hoaks", 

Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved