Breaking News:

Gubernur Sulawesi Selatan Lantik Rudi Djamaludin sebagai Pj Wali Kota Makassar

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah resmi melantik Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar yang baru, Rudi Djamaluddin, menggantikan Yusran Yusuf

(Pemprov Sulsel)
Serah terima jabatan Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar dari Prof Yusran Yusuf ke Prof Rudi Djamaluddin yang disaksikan oleh Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah di rumah jabatan Gubernur Sulsel Jl Jendral Sudirman, Makassar, Jumat (26/6/2020) sekitar pukul 14.00 Wita. 

TRIBUNPALU.COM -  Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah resmi melantik Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar yang baru, Rudi Djamaluddin, menggantikan Yusran Yusuf yang hanya menjabat selama 43 hari.

Pelantikan Rudi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Sulsel berlangsung di rumah jabatan Gubernur Sulsel Jalan Jendral Sudirman, Makassar, Jumat (26/6/2020) sekitar 14.00 Wita.

Pelantikan itu dilakukan secara sederhana dan membatasi tamu yang hadir.  

Pergantian Pj Wali Kota Makassar ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri.

Dalam sambutannya, Nurdin Abdullah berharap Rudi Djamaluddin dapat menekan penyebaran Covid-19 di Makassar.

“Kalau dapat menekan angka Covid-19 di Makassar, berarti dapat menekan 80 persen di Sulsel. Saya harap, Prof Rudi dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel menyelesaikan pandemi ini. Karena segala cara sudah dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Nurdin, Jumat.

Nurdin Abdullah, Yusran Yusuf dan Rudi Djamaluddin selain punya jabatan sebagai birokrat, ketiga juga merupakan Guru Besar di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Nurdin dan Yusran merupakan guru besar dari Fakultas Kehutanan, sedangkan Rudi merupakan guru besar dalam bidang ilmu Struktur Beton Bertulang Fakultas Teknik Unhas.

Sebelum menjabat Pj Wali Kota Makassar, Yusran Yusuf menjabat Kepala Bappeda Sulsel yang juga Ketua TGUPP Gubernur Sulsel.

Karena dianggap tidak bisa menekan lonjakan jumlah kasus orang terjangkit virus corona, Yusran Yusuf pun akhirnya dicopot dari jabatannya setelah menduduki kursi Pj Wali Kota Makassar selama 43 hari.

Sebelum Yusran Yusuf, kursi Pj Wali Kota Makassar diduduki oleh Iqbal Suhaeb selama 1 tahun.

Diketahui, Wali Kota Makassar definitif belum terpilih setelah kemenangan kotak kosong dalam Pemilihan Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar pada 2018.

Sekitar dua tahun, kepemimpinan di Kota Makassar dipegang oleh Pejabat Wali Kota Makassar berdasarkan SK Mendagri.

Rencananya, Pemilihan Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar akan digelar pada Pilkada Serentak 2020. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gubernur Sulsel Lantik Rudi Djamaludin sebagai Pj Wali Kota Makassar"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved