Wabah Covid-19, Presiden Jokowi Sebut Karantina Kampung Lebih Efektif daripada Karantina Kota

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, strategi intervensi berbasis lokal paling efektif dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Instagram.com/jokowi/
Potret Presiden Joko Widodo (Jokowi) 

TRIBUNPALU.COM - Penyebaran wabah virus corona Covid-19 di Indonesia masih terus meluas.

Hingga Senin (29/6/2020) kemarin, angka kasus infeksi virus corona di Tanah Air mencapai 55.092, dengan angka kematian tercatat 2.805 dan 23.800 pasien telah dinyatakan sembuh.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengatakan bahwa strategi intervensi berbasis lokal paling efektif dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. 

Hal itu disampaikan Presiden saat meninjau Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng), Selasa, (30/6/2020).

"Mengkarantina, mengisolasi RT, mengisolasi RW mengisolasi kampung atau desa itu lebih efektif daripada kita mengkarantina kota atau kabupaten. ini lebih efektif," kata Presiden.

Oleh karena itu, Presiden berharap semua daerah menggunakan strategi tersebut dalam menanggulangi Covid-19 sehingga tingkat penyebaran virus dapat menurun. 

"Jadi strategi ini agar kita pakai bersama-sama, sehingga kita harapkan terjadi penurunan (reproduksi virus) RT maupun R0," katanya.

Presiden berharap pada Juli mendatang semua elemen, pemerintah pusat, pemerintah daerah, Gugus Tugas bekerja keras dalam menanggulangi Covid-19.

Mobil Alphardnya Dibakar Orang Tak Dikenal, Via Vallen Sempat Cemaskan Kucing Peliharaannya

Persalinan Vanessa Angel Semakin Dekat, Bibi Ardiansyah Ungkap Tengah Alami Musibah Ini

Ahok Lelang 19 Batik yang Dipakai Saat Sidang Penistaan Agama, Hasilnya akan Disumbangkan

Sehingga penyebaran virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China tersebut menurun di semua daerah termasuk di Jateng.

"Dan Insya Allah ekonomi kita bisa merangkak kepada  sebuah pertumbuhan yang normal kembali," pungkasnya.

Halaman
1234
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved