Breaking News:

Dinyatakan Sembuh, Pria Ini Kembali Positif Covid-19, Terungkap saat akan Terbang ke Pekanbaru

Seorang laki-laki berinisial DH (46) yang sebelumnya dinyatakan sembuh corona atau Covid-19, kali ini kembali terkonfirmasi positif.

Shutterstock
Virus Corona 

TRIBUNPALU.COM - Seorang laki-laki berinisial DH (46) yang sebelumnya dinyatakan sembuh corona atau Covid-19, kali ini kembali terkonfirmasi positif.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam yang juga Wali Kota Batam Muhammad Rudi, melalui keterangan tertulis mengatakan kasus re-infeksi kembali terjadi di Batam.

Kasus re-infeksi dialami DH (46) yang merupakan salah satu karyawan Bank BRI yang bertugas di Pekanbaru, Riau.

 

Namun saat ini yang bersangkutan masih berada di kawasan perumahan Tiban Koperasi, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Batam Kepulauan Riau (Kepri).

"Ketahuannya setelah yang bersangkutan memeriksakan diri guna kelengkapan terbang ke Pekanbaru," kata Rudi melalui keterangan tertulisnya, Senin (6/7/2020) malam.

Anggap Corona Proyek Memperkaya Dokter, Pasien Covid-19 Menolak Diisolasi

Mensesneg: Perayaan HUT Ke-75 RI Digelar Sederhana Dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Dengan kembali terkonfirmasinya positif, DH merupakan kasus re – infeksi Covid-19 kasus 241 Batam.

Rudi menjelaskan perlu diketahui bahwa yang bersangkutan sebelumnya merupakan kasus  terkonfirmasi positif kasus 181 Batam, yang sudah dinyatakan sembuh, 20 Juni 2020 yang lalu dan harus menjalankan isolasi mandiri dirumahnya selama 14 hari dan berakhir 4 Juli 2020.

Terungkap saat akan terbang ke Pekanbaru

Namun, 30 Juni 2020 sebelum berakhirnya masa isolasi yang bersangkutan pergi ke RS Budi Kemuliaan Batam untuk melakukan pemeriksaan swab Tenggorokan (PCR) ulang secara mandiri, yang akan digunakan olehnya untuk keperluan persyaratan penerbangan ke Pekanbaru guna kembali masuk bekerja.

"Hasil pemeriksaan PCR yang dilakukan oleh Laboratorium Klinik Prodia Batam diterima pada hari ini menyimpulkan bahwa yang bersangkutan kembali terkonfirmasi Positif," kata Rudi.

 Berdasarkan anamnesa yang dilakukan kepada bersangkutan mengatakan selama dalam masa isolasi mandiri di rumahnya, yang bersangkutan tidak pernah melakukan aktivitas di luar rumah kecuali pada saat aktivitas olahraga atau berjemur. 

Di Perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, Donald Trump Klaim 99 % Covid-19 di AS Tak Berbahaya

Akibat Pandemi Covid-19, Jumlah Pendaftar Haji Baru Turun hingga 50 Persen

Kegiatan itu dilakukan hanya di sekitar halaman rumahnya saja.

Sejauh ini kondisi DH (46) dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti serta saat yang bersangkutan telah menjalani perawatan isolasi atau karantina di RSKI Covid-19 guna penanganan kesehatannya.

"Masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan dan himbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19,” pungkas Rudi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sudah Dinyatakan Sembuh, Karyawan Bank BRI Ini Kembali Positif Corona", 
Penulis : Kontributor Batam, Hadi Maulana
Editor : Aprillia Ika

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved