Breaking News:

Virus Corona

Ahli Epidemiologi: Wilayah Zona Hijau Belum Tentu Aman dari Penularan COVID-19

Menurut data yang dirilis per 5 Juli 2020, terdapat 104 wilayah yang kini masuk dalam kategori zona hijau atau wilayah tanpa kasus konfirmasi positif.

covid19.go.id
Peta zonasi risiko penularan COVID-19 di Indonesia 

TRIBUNPALU.COM - Belum lama ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 melakukan pemutakhiran data zonasi daerah terkait risiko penularan virus corona atau COVID-19.

Menurut data yang dirilis per 5 Juli 2020, terdapat 104 wilayah yang kini masuk dalam kategori zona hijau atau wilayah  tanpa kasus konfirmasi positif.

Dilansir TribunPalu.com dari BNPB, zona hijau adalah daerah yang pernah ditemukan kasus positif COVD-19 kemudian berhasil menekan laju penyebarannya dan daerah yang sama sekali tidak pernah ditemukan kasus positif.

Ahli Epidemiologi Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Dewi Nur Aisyah
Ahli Epidemiologi Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Dewi Nur Aisyah (BNPB)

Daftar 36 Kabupaten/Kota yang Beralih Jadi Zona Risiko Rendah Covid-19: Sulteng Ada Buol & Morowali

Kendati demikian, Ahli Epidemiologi Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Dewi Nur Aisyah memaparkan bahwa daerah yang masuk zona hijau tidak dapat dikatakan telah aman dari risiko penularan COVID-19.

"Warna hijau belum tentu aman. Jadi jangan pernah mengatakan ada wilayah yang aman karena masing-masing wilayah punya risiko," papar Dewi pada Rabu (8/7/2020) lalu.

Menurutnya, tingkat keamanan zona hijau atas penularan virus ini tidak bersifat mutlak.

Oleh karenanya, ia memberikan imbauan agar masyarakat yang berada di zona hijau ataupun ingin bepergian ke zona hijau untuk tetap waspada.

"Justru kalau tidak hati-hati nanti jadi sumber penularan dan bisa jadi imported case karena dari luar masuk ke zona hijau. Jadi tidak bisa dengan cepat melihat kalau hijau berarti aman. Intinya kita masih dalam masa-masa yang harus tetap waspada," terangnya.

Update Sebaran Virus Corona di Indonesia Rabu, 8 Juli 2020: 31.585 Pasien Telah Dinyatakan Sembuh

Diketahui pada Selasa (7/7/2020) lalu Gugus Tugas Nasional mengumumkan bahwa 104 kabupaten/kota di Indonesia terdaftar dalam kategori zona hijau.

"43 kabupaten-kota yang sudah berhasil masuk ke dalam zona hijau setelah sebelumnya terdampak COVID-19 namun selama empat pekan terakhir sudah tidak ditemukan kasus positif Covid dan angka kesembuhan mencapai seratus persen,” kata perempuan berkacamata tersebut.

Halaman
12
Penulis: Clarissa Fauzany Priastuti
Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved