Breaking News:

Penjelasan Kementerian Kesehatan Terkait Flu Babi G4 yang Berpotensi Jadi Pandemi

Karena flu babi G4 merupakan strain yang baru, virus ini belum bisa diproteksi oleh vaksin flu yang sudah ada, karena berbeda jenis virusnya.

Istimewa
ILUSTRASI Babi. 

TRIBUNPALU.COM - Di tengah wabah virus corona Covid-19 yang ditetapkan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020 lalu, muncul sub tipe baru dari H1N1 atau flu babi.

Berdasarkan penelitian secara seroligis yang terjadi mutasi pada genotipenya, virus itu disebut G4H1N1 atau flu babi G4.

Munculnya flu babi G4 ini tentu menimbulkan kekhawatiran.

Sebab, flu babi G4 ini juga berpotensi menjadi pandemi seperti H1N1 saat tahun 2009 yang kini telah menjadi influenza musiman.

Tanggapi Bansos Covid-19, Susi Pudjiastuti: Dua Minggu Pertama Makanan Pokok, Selanjutnya Uang Tunai

Virus Corona Covid-19 Disebut Dapat Menular Lewat Udara, WHO Dinilai Sebabkan Banyak Kebingungan

Foto Buku Tahunan SMA Nicholas Saputra Viral di Twitter, Pengunggah: Langsung Nyari Bukunya, Ketemu!

Prabowo Ditunjuk oleh Joko Widodo di Proyek Lumbung Pangan, Gerindra Bantah Ada Deal di Dalamnya

Direktur Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyebutkan alasan pertama Flu Babi G4 bisa jadi pandemi karena sudah ditemukan pada populasi babi di China.

Melalui air liur, babi yang terjangkit virus Flu Babi G4 bisa menularkan virus kepada hewan lain, lalu menularkan lagi para pekerja di peternakan yang kemudian membuat peternaknya sakit.

"G4 dari babi menular ke manusia atau peternak atau orang yang bekrja di peternakan babi, belum ada ditemukan dari penularan manusia ke manusia. Awalnya penularan pada hewan liar kemudian kepada hewan ternak lalu ke manusia," ucap Siti Nadia saat konferensi pers online, Kamis (9/7/2020).

Belum ada laporan mengebai penularan dari manusia ke manusia namun virus ini pada manusia menyerang saluran napas bagian atas atau di bagian trakea.

"G4 menyerang bagian atas saluran napas, di bagian trakea menuju paru yang dikhawatirkan akan terjadi kesulitan bernapas bila beprotensi terjadi penyakit ini. Menginfeksi saluran napas," kata Siti Nadia.

Virus flu babi G4 juga dapat menginfeksi sel epitel saluran napas manusia, sel-sel yang biasanya melapisi bronkitis dan alveoli manusia.

Halaman
12
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved