Breaking News:

Ganjar Pranowo Ungkap Dugaan Penularan Covid-19 25 Tenaga Medis RSUD Moewardi: Ada yang Wisudaan

Sebanyak 25 tenaga medis yang bertugas di RSUD Moewardi Solo dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 usai menjalani swab test.

Geosiar
Ilustrasi 

TRIBUNPALU.COM - Sebanyak 25 tenaga medis yang bertugas di RSUD Moewardi Solo dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 usai menjalani swab test.

Para tenaga medis yang diketahui merupakan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta itu sebagian besar orang tanpa gejala (OTG) dan telah menjalani karantina.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dugaan penularan Covid-19 dari para tenaga medis itu disebabkan ada seorang mahasiswa yang mengadakan pesta kecil usai wisuda.

12 Dosen Unhas Positif Covid-19, dari Analisis Tracing Diduga Ada Tiga Pola Penularan

WHO Laporkan Lebih 230 Ribu Kasus Baru Covid-19 di Dunia, jadi Angka Tertinggi Sejak Pandemi

"Indikasi-indikasinya kemarin ada yang habis wisudaan kemudian berkumpul bareng teman-temannya. Sedikit ada pesta kecil. Nah yang begini ini kadang kita lepas kontrol," ungkap Ganjar kepada wartawan, Senin (13/7/2020).

Untuk itu, kata dia, upaya tracing riwayat kontak penderita dari temuan kasus tersebut terus dilakukan.

Selain itu, RSUD dr Moewardi Solo juga telah melakukan pembatasan kunjungan atau pembesuk pasien.

"RSUD Moewardi sudah dilakukan tindakan tracing, lalu isolasi juga sudah dilakukan. Pembatasan dilakukan sehingga tidak semua orang boleh berkunjung dengan leluasa. Yang mau menjenguk pasien jadwalnya ditata ulang dan tracingnya kita minta lakukan lebih masif lagi agar kita bisa tahu darimana penularannya," jelasnya.

Lonjakan Kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Anies Baswedan: Kita Harus Menarik Rem Darurat

Ganjar juga meminta kepada masyarakat untuk menggencarkan Jogo Tonggo supaya kedisiplinan terkait protokol kesehatan dapat diterapkan lebih ketat.

"Maka gerakan Jogo Tonggo akan kita hidupkan secara masif. Kita minta difokuskan pada sosialisasi semakin gencar pakai masker kemudian acara-acara besar ditunda dulu," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "25 Tenaga Medis RSUD Moewardi Solo Positif Covid-19, Diduga Tertular dari Pesta Usai Wisuda", 
Penulis : Kontributor Semarang, Riska Farasonalia
Editor : Khairina

Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved