Breaking News:

Pemkot Solo Sediakan Ponsel Gratis untuk Belajar dari Rumah Bagi Siswa Tak Mampu

"Nanti kita verifikasi lapangan yang tidak mampu. Karena banyak yang WhatsApp saya 'Pak saya dibantu HP (handphone) dan sebagainya'," kata Rudy

TRIBUNNEWS/HERUDIN
FOTO ILUSTRASI - Siswa belajar dari rumah didampingi orangtua, Selasa (31/3/2020). Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa belajar di rumah selama wabah Covid-19 hingga 19 April 2020 mendatang. Mulanya masa kegiatan belajar di rumah bagi siswa-siswi diberlakukan selama dua pekan, terhitung sejak 16 Maret sampai 29 Maret 2020. 

TRIBUNPALU.COM - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, akan memberikan smartphone secara gratis kepada siswa yang kurang mampu untuk mendukung sistem pembelajaran daring (online) selama pandemi Covid-19.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, ada sekitar 1.500 orang siswa di daerahnya yang masuk dalam kategori tidak mampu.

Mereka tersebar di sekolah tingkat SD-SMP negeri maupun swasta.

"Nanti kita verifikasi lapangan yang tidak mampu. Karena banyak yang WhatsApp saya 'Pak saya dibantu HP (handphone) dan sebagainya'," kata Rudy, sapaan FX Hadi, ditemui di Solo, Jawa Tengah, Jumat (14/8/2020).

Punya Sifat yang Bertolak Belakang, 8 Pasang Zodiak Ini Akan Sulit Jalani Hubungan yang Harmonis

Update Covid-19 Asia Tenggara: Kasus di Filipina Melejit Lagi, Catat 6.216 Kasus Baru dalam 24 Jam

Rudy mengatakan akan terjun secara langsung memastikan siswa yang menerima bantuan smartphone tersebut benar-benar tidak mampu.
"Prioritas untuk yang belum punya HP. Belum punya fasilitas proses belajar jarak jauh. Kalau orangtuanya ada yang punya (HP) yang mengalah dulu biar digunakan anaknya untuk belajar jarak jauh," ungkap dia.

Bantuan smartphone untuk siswa tidak mampu tersebut akan diwujudkan dalam bentuk corporate social responsibility (CSR) maupun donatur.

Rudy mengungkap kegiatan belajar dan mengajar tatap muka masih di Solo rencananya baru akan dimulai pada Januari 2021.

Karena itu, agar siswa tidak mampu bisa mengikuti sistem pembelajaran jarak jauh atau online tersebut maka diberikan smartphone gratis.

"Verifikasinya nanti kita melibatkan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siswa Tak Mampu di Solo Bakal Dapat Ponsel Gratis untuk Belajar Online",

Berita Populer
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved