Breaking News:

Kritik Rencana Anies Buka Kembali Bioskop di Jakarta, Partai Nasdem: Jaminannya Aman Covid-19 Apa?

Meski Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 menganggap ruangan bioskop cukup aman, namun Jupiter tak yakin soal hal itu.

Editor: Bobby Wiratama
Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf
ILUSTRASI Menonton di bioskop dengan protokol kesehatan era new normal. 

TRIBUNPALU.COM - Fraksi Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menentang rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bakal membuka kembali bioskop di Ibu Kota.

Pasalnya penyebaran Covid-19 di DKI masih sangat tinggi dan dianggap cukup berisiko.

"Menurut saya rencana ini belum tepat ya. Ini sangat rentan tertular covid-19," ucap Anggota Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Ahmad Lukman Jupiter, Rabu (26/8/2020).

Jupiter menilai, penyebaran virus itu tak dapat dihindari terutama di dalam bioskop.

Aturan-aturan Baru di Bioskop Saat Kembali Beroperasi, Tiket Hanya Bisa Dipesan Online

Ahli Menilai Pembukaan Bioskop dengan Alasan Imunitas Terkesan Absurd dan Tidak Ilmiah

Bioskop di Jakarta akan Kembali Dibuka di Tengah Pandemi, Anies Baswedan Ingatkan Masker dan 3M

Meski Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 menganggap ruangan bioskop cukup aman, namun Jupiter tak yakin soal hal itu.

"Jaminannya apa kalau dalam bioskop bakal aman dari Covid-19? Dalam bioskop itu kan sirkulasi udaranya kami pertanyakan. Meski kursi jaga jarak, tapi risiko tertular dengan orang lain lebih besar di dalam bioskop," ujarnya.

Anggota Komisi C DPRD DKI itu khawatir penonton bioskop termasuk orang tanpa gejala (OTG) sehingga dianggap sehat namun bisa menularkan.

"Misalnya ada yang menonton jam 7 malam, ada yang belum pulang kerja dan belum mandi tapi mereka datang ke bioskop. Itu kan seharian bajunya menempel kuman atau virusnya, rentan sekali," tambah Jupiter.

Sebelumnya, Anies mengatakan pembukaan kembali bioskop akan dilakukan dalam waktu dekat.

Bioskop akan kembali dibuka setelah ditutup sejak bulan April 2020 lalu saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detil dan adanya pengawasan yang ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa resiko yang besar," ucap Anies.

Sementara itu, jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta hingga kemarin adalah 34.931 orang.

Sebanyak 25.986 orang dinyatakan telah sembuh, 1.129 orang meninggal dunia, dan 7.816 orang masih dirawat atau isolasi.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 10 persen, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 6,2 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fraksi Nasdem DPRD DKI: Jaminannya Apa di Dalam Bioskop Aman dari Covid-19?"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved