Breaking News:

Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Merasa Pegal-pegal

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah disuntik vaksin Covid-19 dalam rangkaian uji klinis vaksin dari Cina itu.

Editor: Lita Andari Susanti
TRIBUN JABAR/NAZMI ABDURRAHMAN
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, setelah disuntik vaksin Covid-19 dalam rangkaian uji klinis vaksin dari Cina di Puskesmas Garuda, Jalan Dadali, Kota Bandung, Jumat (28/8/2020). 

TRIBUNPALU.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah disuntik vaksin Covid-19 dalam rangkaian uji klinis vaksin dari Cina itu.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku mendapat suntikan di bagian tangan kiri. Setelah itu dia merasakan reaksi pegal dan dingin di bagian tangan yang disuntiknya.

Proses penyuntikan vaksin ini berlangsung sekitar dua jam. Sebelum mendapat suntikan pertama, empat pejabat daerah itu harus menjalani sejumlah prosedur mulai dari pemeriksaan tensi darah hingga rapid test.

"Selama dua jam tadi melaksanakan pengetesan vaksin, kami melakukan banyak prosedur ketat, puncaknya kami disuntik dosis di sebelah kiri. Tapi Kapolda di kanan. Setelah disuntik saya pribadi merasa agak pegal selama lima menit, setelah itu terasa normal," ujar Emil saat jumpa pers seusai penyuntikan pertama di Puskesmas Garuda, Jumat (28/9/2020).

Setelah disuntik, Emil bersama Kapolda, Pangdam, dan Kajati harus menunggu selama tiga untuk melihat reaksi dari suntikan vaksin pertama itu.

Mendaftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil: Tak Ada Istilah Rakyat Dikorbankan

"Kami harus menunggu reaksinya akan muncul 30 menit, sambil terus dicek suhu tubuh dan kondisi di titik suntik," katanya.

Setelah suntikan pertama ini, Emil bersama Kapolda, Pangdam, dan Kajati harus kembali lagi ke Puskesmas Garuda untuk mendapat suntikan vaksin kedua.

"Kami akan mendapat penyuntikan kedua 14 hari ke depan, setelah itu melakukan pengecekan harian sampai ujungnya imunitas kami naik atau tetap sa. Di situlah kesimpulan riset ini apakah vaksin ini layak diproduksi masal atau tidak," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ini yang Dirasakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved