Kapasitas RS Penuh, Penderita Covid-19 dengan Gejala Ringan hingga Sedang Dialihkan ke Wisma Atlet

Pemerintah sedang menyiapkan pengalihan pasien Covid-19 bergejala ringan ke Wisma Atlet yang masih memiliki tempat memadai.

Warta Kota/Alex Suban
Para pekerja menyiapkan peralatan di Ruang ICU di Tower 7 Wisma Atlet yang menjadi Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020). Wisma Atlet Kemayoran saat ini hanya menerima pasien dengan kondisi ringan dan sedang. 

TRIBUNPALU.COM -- Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Akmal Taher mengakui, sejumlah Rumah Sakit (RS) melebihi kapasitas batas dalam menangani pasien virus corona.

Untuk itu, pemerintah sedang menyiapkan pengalihan pasien Covid-19 bergejala ringan ke Wisma Atlet yang masih memiliki tempat memadai.

"Jadi memang beberapa rumah sakit sudah hampir over kapasitas namun sebagian masih ada," kata Akmal dalam diskusi virtual, Sabtu (12/9/2020).

"Sekarang mencoba memilah-milah pasien mana yang bisa kita ada satu-satunya tempat yang masih agak lumayan kapasitasnya hanya di Wisma Atlet," sambung dia.

Meski demikian, pengalihan pasien bergejala ringan ke Wisma Atlet masih juga terkendala akan ketersediaan tenaga medis dan kesehatan.

"Tapi penambahan enggak bisa berapa pun karena kalau nambah tempat tidur bisa nambah cepat tapi sumber daya manusia tak bisa," ucapnya.

Akmal melanjutkan, saat ini pemerintah juga tengah menyiapkan koordinasi dengan rumah sakit agar memprioritaskan pelayanan hanya untuk pasien Covid-19.

"Kita buat kordinasi antar rumah sakit kemudian menyatakan rumah sakit hanya menerima covid. Pengalihan pasien non covid ke rumah sakit lain, betul sudah diambil tindakan yang tak biasa memidahkan pasien yang mau sembuh ke Wisma Atlet karena pasien tak bisa diatur mau kemana," ungkap Akmal.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BREAKING NEWS:RS Penuh, Pasien Covid-19 Bergejala Ringan sampai Sedang Dialihkan ke Wisma Atlet
Penulis: Rina Ayu Panca Rini

Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved