Breaking News:

Ini Imbas yang Akan Dirasakan Indonesia Akibat Donald Trump Terinfeksi Covid-19

Kepala Ekonom PT Bank BCA manilai Indonesia akan terkena imbas usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan dirinya positif terinfeksi Coron

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/23/20275411/trump-kesal-penasihatnya-malah-mendorongnya-perang-dengan-iran
Trump 

TRIBUNPALU.COM - Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk David Sumual menilai, Indonesia akan terkena imbas usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan dirinya positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Indonesia dinilai akan kena imbas lantaran muncul sentimen negatif di bursa saham berjangka Negeri Paman Sam usai pengumuman Trump tersebut.

"Trump kena Covid-19, pasar finansial (futures) jatuh 500 poin. Itu pasti ada konsekuensinya (ke Indonesia)," ujar David ketika memberikan keterangan dalam Dialogue KiTa, Jumat (2/10/2020).

David menjelaskan, hingga saat ini data ekonomi Indonesia belum menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Di sisi lain, kondisi perekonomian Indonesia sangat terpengaruh pada harga komoditas. Sementara saat ini, harga komoditas di pasar global masih sangat tidak pasti.

Donald Trump dan Melania Trump Positif Covid-19, Joe Biden dan Istri Kirimkan Doa

Donald Trump Positif Terinfeksi Covid-19, Media China: Itu Harga yang Dibayar karena Remehkan Corona

Fluktuasi harga komoditas ini dipengaruhi oleh perang dagang AS-China.

"Kondisi politik AS dan pasar modal ada pengaruh pasti. Kedua trade war persoalan juga, karena ini menyebabkan angka perdagangan global terus menurun. Jadi harga komoditas berpengaruh juga," kata dia.

Hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup negatif pada akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (2/10/2020). Melansir data RTI, IHSG ditutup pada level 4.926,73 atau turun 43,36 poin (0,87 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 4.970,09.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS jugamelemah. Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 14.864 per dollar AS, melemah 30 poin atau 0,2 persen dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.834 per dollar AS.

Anggap Remeh Corona, Ini Dua Presiden di Dunia yang Terjangkit Covid-19 Selain Donald Trump

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah terdorong oleh sentimen ekternal pernyataan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang mengkonfirmasi dirinya positif corona melalui cuitan di Twitter.

Untuk diketahui, Trump baru saja mengumumkan bahwa dia dan istrinya, Melania Trump, terdeteksi positif Covid-19. Kabar Donald Trump positif corona tersebut disampaikan lewat akun Twitter pribadi Trump @realDonaldTrump.

"Malam ini, @FLOTUS (akun Twitter Melania Trump) dan saya diketahui Postif Covid-19 (corona). Kami akan segera memulai karantina dan proses pemulihan. Kami akan melalui ini bersama-sama!" kicau Trump.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Donald Trump Positif Covid-19, RI Dinilai Bakal Kena Imbas", 
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Yoga Sukmana

Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved