Breaking News:

Sekolah di Madiun Kembali Gelar Kelas Tatap Muka Minggu Depan, Ribuan Guru & Siswa Rapid Test

Tindakan rapid test seluruh guru, murid dan karyawan sekolah sebagai bentuk deteksi awal terkait kondisi orang yang terlibat dalam KBM

KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWI
RAPID TEST—Petugas Dinkes Kota Madiun mengambil darah salah satu siswa untuk menjalani rapid test menyusul digelarnya kegiatan belajar dan mengajar tatap muka pekan depan. 

TRIBUNPALU.COM - Pemerintah Kota Madiun menggelar rapid test massal bagi guru dan siswa menyusul diberlakukannya uji coba kegiatan belajar dan mengajar (KBM) tetap muka mulai Senin (9/11/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Heri Wasana, mengatakan, tahap pertama KBM tatap muka terdiri 20 sekolah yang terdiri dari delapan SMPN dan 12 SDN.

Hanya saja, pembelajaran tatap muka sementara diberlakukan bagi kelas VI SD dan IX SMP.

“Jadi, seluruh murid dan guru yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka menjalani rapid test. Jumlah totalnya sekitar 4000-an,” ujar Heri, disela-sela peninjauan rapid test di SMPN 2 Kota Madiun, Kamis (5/11/2020).

Menurut Heri, pelaksanaan rapid test untuk para murid dan guru mulai dilakukan Kamis (5/11/2020) di sekolah masing-masing.

Baca juga: Viral di Pekanbaru, Video Warga Hadang Polisi yang Sergap Markas Bandar Narkoba

Baca juga: Salah Ketik UU Cipta Kerja, Ada Tiga Opsi Kebijakan Hukum yang Dapat Ditempuh Jokowi

Tak hanya itu guru dan murid, seluruh karyawan di sekolah yang menggelar KBM tatap muka wajib menjalani rapid test.

Heri menuturkan, tindakan rapid test seluruh guru, murid dan karyawan sekolah sebagai bentuk deteksi awal terkait kondisi orang yang terlibat dalam KBM tatapi muka selama pandemi Covid-19.

“ Siswa juga di-rapid test karena pembawa itu tidak hanya pada guru. Siswa pun juga begitu. Bisa jadi mobilitas orangtua atau keluarganya bisa menjadi penyebab penularan,” kata Heri.

Untuk pelaksanaan rapid test rencananya akan berlangsung hingga akhir November.

Bagi sekolah yang seluruh murid dan gurunya telah menjalani rapid test dengan hasil non-reaktif diperbolehkan membuka pembelajaran tatap muka.

Halaman
12
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved