Breaking News:

Satgas Penanganan Covid-19: Perubahan Perilaku adalah Vaksin Terbaik Saat ini Hadapi Covid-19

Perubahan perilaku berupa 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan adalah ujung tombak terbaik dalam melawan Covid-19 saat ini.

Penulis: Imam Saputro | Editor: Imam Saputro
surya.co.id/ahmad zaimul haq
Pakar Epidemiologi Unair Dr dr Santi Martini MKes (atas paling kanan) dalam Webinar Cerdas & Kreatif dengan Ubah Laku, Selasa malam (10/11/2020). 

TRIBUNPALU.COM - Perubahan perilaku berupa 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan adalah ujung tombak terbaik dalam melawan Covid-19 saat ini.

"Penanganan Covid-19 tidak dapat hanya bergantung pada upaya kesehatan yaitu vaksinasi dan pengobatan, penangan harus dimulai dari masyarakat, perubahan perilaku masyarakat adalah vaksin terbaik saat ini," kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi dalam Webinar Cerdas dan Kreatif dengan Ubah Laku yang diselenggarakan Harian Pagi Surya, Selasa (10/11/2020) malam.

Masyarakat diharapkan melakukan pencegahan di hulu dengan perubaan perilaku hidup sehat agar bisa memutus rantai penularannya.

“ Strategi dari darurat kesehatan menjadi ke ketahanan kesehatan masyakarat, sehingga tidak memberikan beban tambahan ke tenaga kesehatan, “ ujarnya.

Untuk dapat menerapkan protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19, warga Indonesia bisa belajar dari negara-negara di Asia yang telah berhasil keluar dari pandemi.

Baca juga: BNPB Harapkan Pemprov Sulteng Tegas Terapkan Zona Merah Kawasan Rawan Bencana

Ia menyebut keberhasilan beberapa negara mengakhiri pandemi, di antaranya Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong hingga China, dikarenakan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatansaat pandemi.

"Karena mereka punya kebiasaan untuk memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun, ketika mereka sedang berada di dalam situasi pandemi," jelas dia.

Negara-negara itu, kata dia, sudah terbukti berdasarkan data dan fakta mampu menerapkan perubahan perilaku, beradaptasi dengan kondisi, mencegah pandemi, sehingga mampu mengakhiri pandemi lebih awal.

Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat agar berjuang bersama memutus mata rantai penularan sebelum vaksin ditemukan, dengan cara melakukan perubahan perilaku.

“ Vaksin perubahan perilaku adalah vaksin terbaik saat ini,” tegasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved