Breaking News:

Viral Ayla Tabrak CBR1000RR SP, Ini Aturan Hukum Ganti Rugi Kendaraan Rusak Akibat Kecelakaan

Ayla menabrak sepeda motor CBR 1000RR SP itu menjadi bahan perbincangan karena penabrak menawarkan mobil hingga rumah sebagai ganti rugi.

TRIBUNNEWS.com
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas 

TRIBUNPALU.COM - Tabrakan antaran mobil Ayla dengan motor Honda CBR1000RR SP di Jalan Prof DR HR Boenyamin, Purwokerto, viral di media sosial, Rabu (18/11/2020).

Peristiwa mobil Ayla menabrak sepeda motor CBR 1000RR SP itu menjadi bahan perbincangan karena penabrak menawarkan mobil hingga rumah sebagai ganti rugi agar tidak dipenjara.

Namun belakangan pihak kepolisian meminta masyarakat tidak langsung percaya dengan kabar tersebut.

Diketahui, Polresta Banyumas tengah melakukan penyelidikan terhadap kejadian tersebut.

Terlepas dari kejadian di atas, lantas bagaimana aturan ganti rugi kendaraan rusak akibat kecelakaan dan berapa besaran nominal serta siapa berhak menerimanya?

Kondisi mobil wakil ketua pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan yang terlibat kecelakaan di tol Solo-Ngawi.
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas (Tribunnews/Istimewa)

Menjawab pertanyaan di atas, advokat sekaligus anggota DPC Peradi Solo Bidang Pendidikan, Wawan Muslih SH, memberikan penjelasan secara rinci.

Wawan mengatakan, terkait dengan masalah ganti rugi kendaraan rusak akibat kecelakaan lalu lintas secara rinci diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

Dalam pasal 1 nomor 24 disebutkan, kecelakaan lalu lintas sebagai suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda.

Wawan kemudian menjelaskan penggolongan kecelakaan lalu lintas yang dibagi menjadi tiga jenis.

"Pertama, kecelakaan lalu lintas ringan, kedua kecelakaan lalu lintas sedang, dan ketiga kecelakaan lalu lintas berat," ucapnya dikutip dari channel YouTube Tribunnews, Jumat (20/11/2020).

Halaman
1234
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved