Jokowi Duduki Peringkat 12 Daftar Muslim Dunia Paling Berpengaruh 2021, Ini Tanggapan Politisi PKB

Pusat Studi Islam Strategis Kerajaan Yordania menempatkan Joko Widodo pada urutan ke-12 dalam daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2021.

Instagram @sekretariat.kabinet
Presiden RI Joko Widodo 

TRIBUNPALU.COM - Pusat Studi Islam Strategis Kerajaan Yordania menempatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada urutan ke-12 dalam daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2021.

Tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Joko Widodo.

Masuknya Jokowi ke daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2021 turut menarik apresiasi dari anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq.

Menurut Maman, hal tersebut menunjukkan betapa Jokowi memiliki spirit keislaman yang kuat di mata dunia internasional.

“Ini membuktikan, dunia internasional melihat sosok Jokowi sebagai seorang muslim yang ternyata tetap punya spirit keislaman yang kuat. Islam itu punya spirit transformasi dan perdamaian,” ujar Maman Imanulhaq saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Ustaz Yusuf Mansur Kabarkan Kondisinya Terkini: BAB Pakai Pampers, Buang Air Kecil Pakai Pispot

Baca juga: Pandemi Covid-19 per 15 Desember: Total 629.429 Kasus, Jabar dan DKI Sumbang Kasus Baru Tertinggi

Baca juga: Strain Baru Virus Corona Ditemukan di Inggris, London Pembatasan Sosial Ketat, Ini Penjelasan WHO

Baca juga: ILC di TV One Berhenti Tayang, Karni Ilyas Sebut Malam Ini akan Jadi Episode Terakhir

Dewan Syura Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mengatakan transformasi itu dibuktikan dengan pola kepemimpinan Jokowi yang terus bergerak membangun Indonesia dan melakukan hubungan-hubungan internasional.

Dari sisi perdamaian, kata pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan Majalengka ini, pemerintahan Jokowi tetap aktif menyuarakan tentang nasib Ronghia dan Palestin.

“Dan beberapa isu-isu yang lain sambil terus membangun bagaimana dunia ini kembali melakukan komunikasi-komunikasi ke arah yang lebih baik, termasuk hubungannya soal Covid-19,” jelasnya.

Kang Maman, begitu dia akrab disapa, mengatakan seharusnya ini menjadi pelajaran bagi seluruh pihak di Tanah Air bahwa pengakuan dunia terhadap kepemimpinan Jokowi sebagai seorang muslim, seharusnya meneguhkan kembali seluruh pihak.

Sebab, Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia.

“Itu juga membuktikan keislaman Indonesia itu yang bekerja, bukan hanya mengotori ruangan-ruangan publik dengan caci maki, hate speech, dan noise. Sekali lagi, demokrasi yang dibangun harusnya membangkitkan voice atau suara yang terus mengarah pada nilai kebaikan, kebenaran, dan juga Kemaslahatan. Bukan noise, bukan kegaduhan, keriuhan yang tanpa berujung,” ucapnya.

“Dukungan bagi masyarakat Indonesia sendiri bahwa Jokowi adalah pemimpin yang terus membawa islam yang substansional, islam yang essential, islam yang mengusung nilai-nilai kemaslahatan secara lebih umum. Jokowi tidak terlibat kepada islam yang simbolik, islam yang sektarian, dan sebagainya, Sekali lagi, selamat untuk Jokowi,” ujarnya.

Pusat Studi Islam Strategis Kerajaan Yordania merilis 500 tokoh Muslim berpengaruh di dunia untuk edisi 2021 mendatang.

Dalam daftar itu, di urutan 50 besar, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berada di urutan 12, di bawah Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamid Al-Thani (11), dilansir laman themuslim500.com, Selasa (15/12/2020).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved