Breaking News:

Donald Trump 'Turun Tahta' dari Kursi Presiden AS, Presiden Iran Girang

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan dirinya senang Donald Trump segera lengser dari kursi Presiden Amerika Serikat (AS).

MANDEL NGAN / AFP
Presiden AS Donald Trump. 

TRIBUNPALU.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan dirinya senang Donald Trump segera lengser dari kursi Presiden Amerika Serikat (AS).

Diketahui, Donald Trump telah dinyatakan kalah dari Joe Biden dalam Pemilihan Presiden AS yang digelar pada 3 November 2020 lalu.

Bagi Iran, Trump adalah presiden AS yang paling melanggar hukum dan teroris.

"Kami tidak senang dengan kedatangan Biden, tetapi kami senang Trump lengser," kata Rouhani dalam pidato yang disiarkan televisi seperti dilansir Reuters, Rabu (16/12/2020).

Hal ini disampaikan Presiden Iran setelah Electoral College atau Dewan Elektoral secara resmi menyatakan Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat (AS) ke-46, Selasa (15/12/2020).

Biden memperoleh mayoritas suara elektoral (electoral vote) yang solid, yakni 306 suara dan memastikan kemenangannya dalam pemilu bulan lalu.

Pemungutan suara Electoral College menjadi sangat penting tahun ini karena penolakan Presiden Donald Trump untuk mengakui dia telah kalah.

Baca juga: Dedi Mulyadi Sayangkan 500 Nelayan Bekerja di Kapal Asing dan Malah Ikut Curi Ikan di Laut Indonesia

Baca juga: Sejumlah Negara Arab Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel, Bagaimana Posisi Indonesia?

Baca juga: Joe Biden Menang Pemilu AS 2020, Presiden Brazil Jair Bolsonaro Akhirnya Ucapkan Selamat

Setiap empat tahun, orang-orang yang duduk di Dewan Elektoral adalah yang sebenarnya menentukan siapa presiden dan wakil presiden baru AS.

California, negara bagian AS yang paling padat penduduknya, menempatkan Biden di atas 270 suara yang diperlukan untuk memenangkan Electoral College, ketika 55 pemilihnya dengan suara bulat melemparkan surat suara untuknya dan pasangannya Kamala Harris.

Joe Biden dan Kamala Harris akan dilantik pada 20 Januari 2021.

Halaman
12
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved