Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Sah, Rapid Test Antigen Jadi Syarat Masuk Sulawesi Tengah

Keputusan itu diambil Gubernur Sulteng  Longki Djanggola setelah melihat lonjakan kasus COVID-19, utamanya di Kabupaten Morowali, Palu dan Banggai.

handover
Gubernur Sulteng Longki Djanggola memimpin rapat evaluasi penanganan COVID-19, Selasa (29/12/2020). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kewajiban menunjukkan hasil Rapid Test Antigen sebagai syarat masuk wilayah Sulawesi Tengah resmi diberlakukan pemerintah provinsi.

Keputusan itu diambil Gubernur Sulteng Longki Djanggola setelah melihat lonjakan kasus COVID-19, utamanya di Kabupaten Morowali, Palu dan Banggai.

“Tingkat penularan sekarang sangat tinggi apalagi Poso dan Banggai Kepulauan sudah mulai mendekati,” ucap Longki Djanggola dalam rapat evaluasi penanganan COVID-19, Selasa (29/12/2020).

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng itu diikuti perwakilan bupati, wali kota, Forkopimda, OPD, dan mitra terkait. 

Syarat Rapid Test Antigen berlaku bagi semua pelaku perjalanan dari luar daerah yang akan masuk ke Sulteng, baik lewat darat, laut, maupun udara.

Hal itu sejalan dengan Surat Edaran Nomor 443/692/DISKES tentang Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Provinsi Sulteng, 28 Desember 2020 dan mulai berlaku 29 Desember 2020.

Adapun jangka waktu  pemberlakuan syarat Rapid Test Antigen 3x24 jam.

“Kabupaten yang belum memiliki fasilitas gedung/ruang isolasi mandiri harus jadi prioritas untuk segera disiapkan,” ujar pria kelahiran 1952 tersebut.

Menurut Alumni Universitas Indonesia tersebut, isolasi mandiri pasien COVID-19 di rumah justeru menjadi boomerang sehingga menimbulkan klaster keluarga.

“Kalau begitu gaya isolasi mandirinya jangan harap bisa menurun kasus positif,” tutur Longki Djanggola.

Halaman
123
Editor: mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved