Breaking News:

Update Korban Gempa Sulbar, 19 Januari 2021: 90 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

Sembilan puluh orang orang telah menjadi korban meninggal dunia dalam bencana gempa bumi di Sulawesi Barat hingga Selasa (19/1/2021) pukul 20.30 WIB. 

TRIBUN TIMUR/HASAN BASRI
Ilustrasi - Rentetan gempa yang mengguncang wilayah Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) sejak Kamis (14/1/2021) hingga Jumat (15/1/21) hari ini, mengakibatkan puluhan rumah rusak 

TRIBUNPALU.COM - Jumlah korban meninggal akibat gempa bumi yang melanda Sulawesi Barat terus bertambah.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman mengatakan total sebanyak 90 orang telah menjadi korban meninggal dunia dalam bencana gempa bumi di Sulawesi Barat hingga Selasa (19/1/2021) pukul 20.30 WIB. 

Rasman mengatakan dari 90 orang tersebut 79 orang di antaranya korban meninggal dunia di Mamuju dan 11 lainnya di Majene. 

Diberitakan sebelumnya selepas meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak karena gempa dan mengakibatkan berhentinya pelayanan pemerintahan daerah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, (19/1/2021).

Di lokasi tersebut, Presiden memastikan bahwa evakuasi dan pertolongan yang diberikan kepada warga terdampak gempa telah berjalan dengan baik.

"Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat, logistik untuk pengungsi, dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan dengan datang ke sini," ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Mamuju ini, Presiden menyaksikan sendiri dampak besar yang diakibatkan gempa berkekuatan magnitudo 6,2 pada Jumat (15/1/2021).

Presiden memastikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan bantuan dengan membangun kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh agar pelayanan publik dapat kembali berjalan.

"Tadi saya sudah sampaikan ke Gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit, nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali," tutur Presiden.

Kepala Negara juga menyampaikan dukacita mendalam bagi para korban bencana gempa. Presiden mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.

Halaman
12
Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved