Breaking News:

Palu Hari Ini

Apa Saja Prodi Baru yang Digagas IAIN Palu? Ini Daftar dan Keunggulannya

Kabar baik bagi warga di Kota Palu, Sulawesi Tengah dan sekitarnya. IAIN Palu sedang menggagas pembukaan program studi (prodi vokasi) baru

Handover
Rektor IAIN Palu Prof sagaf S Pettalongi saat membuka kuliah umum tahun 2021 di kampus IAIN Palu, Rabu (3/3/2021). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kabar baik bagi warga di Kota Palu, Sulawesi Tengah dan sekitarnya.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu sedang menggagas pembukaan program studi (prodi vokasi) baru.

yakni Prodi Pertambangan dan Kehutanan dan Prodi Kelautan dan Perikanan.

Hal itu untuk mengasah dan meningkatkan daya saing mahasiswa salah satu perguruan tinggi bergengsi di Sulawesi Tengah tersebut.

"Kita ingin bersinergi dengan program-program yang dimiliki oleh pemerintah daerah, sekaligus untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing mahasiswa dan perguruan tinggi," ucap Rektor IAIN Palu Prof sagaf S Pettalongi, Rabu (3/3/2021).

Pembukaan prodi vokasi, kata Prof Sagaf Pettalongi, tidak hanya menyelaraskan program atau mendukung pembangunan daerah.

Baca juga: VIDEO: Kasus Dua Teroris MIT Poso Tewas Pasca Baku Tembak Dengan Satgas Madago Raya

Baca juga: Pihak Nissa Sabyan Bantah Adanya Perselingkuhan dengan Ayus, Ririe Fairus: Allah Maha Melihat

Baca juga: VIDEO: Ini Alasan Pelajar Berharap Ujian Berbasis Online Ditiadakan

Baca juga: Ummi Pipik Tak Kuasa Menahan Tangis saat Berada di Makam Rina Gunawan, Ungkap Kebaikan Almarhumah

Melainkan, melihat besarnya potensi yang dimiliki Sulawesi Tengah pada sektor pertambangan dan kehutanan, kelautan dan perikanan.

Pada sektor pertambangan, Sulawesi Tengah, menjadi salah satu daerah tujuan investasi nasional, yakni pengelolaan nikel, gas dan emas.

"Ini menjadi pemicu dan sekaligus peluang untuk kita tindaklanjuti, lewat program studi vokasi strata satu. Hal ini agar lulusan-lulusan IAIN Palu, bisa bekerja pada sektor-sektor tersebut," ungkapnya.

Prof Sagaf menyebut, civitas akademik IAIN Palu perlu mendengar, menyimak, mendalami secara seksama gagasan pembangunan Gubernur Sulawesi Tengah terpilih Rusdi Mastura.

Baca juga: Andi Mallarangeng Sarankan Jhoni Allen Buat Partai Baru Bersama Moeldoko: Itu Lebih Bagus

Baca juga: Moeldoko, Ibas hingga Ridwan Kamil Masuk Bursa Calon Ketum, Demokrat Jabar: Tidak Mungkin

Baca juga: Apa Bedanya Tes PCR, Swab Antigen dan Rapid Antibodi? Ini Penjelasannya

Gubernur Sulawesi Tenga terpilih Rusdi Mastura dihadirkan sebagai pembicara utama dalam kuliah umum IAIN Palu pada 2 - 3 Maret 2021. 

"Kuliah umum ini yang menghadirkan Bapak Rusdi Mastura sebagai pembicara utama, menjadi pengantar bagi kita semua civitas akademik IAIN Palu, untuk mendalami gagasan pembangunan daerah kedepan, yang nantinya bisa saling bersinergi dalam mengembangkan kelembagaan, mengasah mutu akademik, dengan membuka program studi vokasi," sebut Prof Sagaf.

Sementara Gubernur Sulteng Terpilih Rusdi Mastura dalam paparannya mengharapkan IAIN Palu agar bisa membuka program studi vokasi, yang salah satu tujuannya untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil dan siap pakai.

"Kita memiliki kekayaan yang sangat luar biasa jika dibandingkan daerah-daerah lain, namun belum termanfaatkan dengan baik potensi-potensi tersebut, termasuk belum berdampak maksimal terhadap pengentasan kemiskinan dan pengangguran," ungkap Rusdi Mastura. (*)

Penulis: fandy ahmat
Editor: Haqir Muhakir
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved