Breaking News:

Ibadah Haji 2021

157 CJH Lansia di Palu Divaksinasi karena Mudah Lelah dan Rentan Terpapar Covid-19

Sebanyak 157 calon jemaah haji (CJH) lanjut usia (lansia) divaksinasi di Puskesmas Sangurara Jl Pomandu, Kelurahan Duyu, Kecamatan Palu Barat.

TRIBUNPALU.COM/ALAN SAHRIR
Sebanyak 157 calon jemaah haji (CJH) lanjut usia (lansia) divaksinasi di Puskesmas Sangurara Jl Pomandu, Kelurahan Duyu, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, selasa (30/3/2021) pagi. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kepala Bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Resiko Kesehatan Haji (PPFR) Halimatussadiah mengatakan, dalam menunggu keputusan mengenai perizinan perjalanan haji dari Pemerintah Arab Saudi.

Sebanyak 157 Calon Jemaah Haji (CJH) lanjut usia (lansia) divaksinasi di Puskesmas Sangurara Jl Pomandu, Kelurahan Duyu, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, selasa (30/3/2021) siang.

"Jadi vaksinasi ini sebenarnya mengikuti skema Vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah sejak awal Februari 2021," kata Halimatussadiah.

Halimatussadiah menambahkan, selain itu vaksinasi calon jemaah haji lansia juga merupakan skema dari pemerintah Indonesia.

"Jadi calon jemaah haji kita itu adalah termasuk dalam sebagai warga negara Indonesia yang berhak mendapatkan perlindungan dari Covid-19, jadi kami mengikuti skema pemerintah yang saat ini adalah masuk dalam kelompok lansia termasuk di dalamnya jemaah haji," tambahnya.

Baca juga: Tinjau Banjir Rob di Jl Raja Moili Besusu Barat Palu, Lurah: 3 Jam Sudah Surut

Baca juga: Penutup Saluran Air ke Muara Sungai Palu Dicuri, Banjir Rob dan Buaya Ancam Keselamatan Warga

Halimatussadiah menjelaskan, alasan mengapa lansia menjadi sangat rentan karena perjalanan yang panjang dapat membuat lansia menjadi lelah sehingga mudah untuk terpapar Covid-19.

"Kenapa jemaah haji rentan, karena Insya Allah nanti kalau diberangkatkan akan menjalani perjalanan lebih dari tiga jam, bisa sembilan sampai sepuluh jam dalam pesawat," terangnya

Ia menambahkan, ditambah lagi nantinya para jemaah haji akan bertemu dengan masyarakat dari seluruh penjuruh dunia.

"Artinya jemaah haji itu masuk kedalam kategori kelompok rentan yang nantinya banyak mengahadapi masyarakat dari seluruh dunia sehingga rentan untuk terkena inveksi Covid-19," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Alan Sahrir
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved