Breaking News:

Sigi Hari Ini

Wabup Sigi Janji Tuntaskan Pencarian Dana Stimulan Korban Bencana di 100 Hari Kerja

Pemerintah Kabupaten Sigi berjanji bantuan dana stimulan untuk korban bencana bakal segera dituntaskan. 

Penulis: fandy ahmat | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Pemerintah Kabupaten Sigi berjanji bantuan dana stimulan untuk korban bencana bakal segera dituntaskan. 

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menuturkan, pencairan dana stimulan perbaikan rumah rusak ringan, sedang maupun berat akan diselesaikan dalam 100 hari semenjak dirinya dilantik pada 26 Februari 2021.

Dari hasil verifikasi dan validasi data, kata Samuel, saat ini terdapat 20.280 penerima stimulan dari pelaksanaan review sebanyak 24.219 kepala keluarga (KK). 

"Dari total penerima stimulan, yang membuka rekening sebanyak 20.280 dan sudah dicarikan kepada 17.239 KK. Kami targetkan pencairan dana stimulan ini harus selesai di 100 hari kerja," ujar Samuel, Senin (5/4/2021) pagi. 

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), realisasi perbaikan rumah ringan dan sedang di Kabupaten Sigi saat ini mencapai 55 persen dan rusak berat sebesar 45 persen. 

Samuel pun mengakui keterlambatan dana stimulan bagi korban bencana di wilayahnya. 

Ia menerangkan dalam proses penyaluran dana stimulan masih terdapat beberapa kendala, seperti perubahan terhadap penggunaan aplikasi keuangan daerah hingga pandemi Covid-19. 

"Pemberlakuan social distancing tahun lalu kemudian perubahan sistem keuangan daerah sempat menghambat proses pencairan. Tetapi kami sudah mendapat titik temu dari permasalahan ini. Ke depan pencairannya akan terus dipantau," ungkap Samuel. 

Kendala lainnya, kata Samuel, pihaknya menemukan adanya data penerima dana stimulan korban bencana menerima bantuan ganda atau double. 

Sehingga mengakibatkan perubahan data kerap kali terjadi dan menjadi kendala utama lambatnya pencairan dana.

"Masih ada nama-nama penerima stimulan tetapi mendaftar lagi untuk huntap, begitu juga sebaliknya. Jadi kami fokus di sini. Pihak BPBD akan melakukan pendataan kembali dan saya harap di 100 hari kerja sudah selesai," ucapnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved