Breaking News:

Palu Hari Ini

Menanti Kejelasan Huntap, 1.162 KK Korban Gempa Palu Masih Tinggal di Huntara

Sejak bencana gempa, tsunami dan likuefaksi melanda Kota Palu pada 2018, hingga kini masih ada sejumlah warga penyintas yang bertahan di huntara.

TRIBUNPALU.COM/SUTA
Kondisi Hunian Sementara (Huntara) Hutan Kota Palu, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, rabu (7/4/2021) sore. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Sejak bencana gempa, tsunami dan likuefaksi melanda Kota Palu pada 2018, hingga kini masih ada sejumlah warga penyintas yang bertahan di Hunian Sementara (huntara). 

Menurut data Celebes Bergerak, pada Agustus hingga September 2020, masih ada 1.162 kepala keluarga (KK) korban gempa Palu belum mendapat hunian tetap (huntap).

"Dari data sensus kami, ada sekitar 6.014 jiwa dari 1.162 KK masih bertahan di huntara yang tersebar di Kota Palu," kata Kepala Advokasi dan Kampanye Celebes Bergerak Freddy Onora, Rabu (7/4/2021). 

Pemerintah Kota Palu menjelaskan bahwa terjadinya kendala dalam pembangunan huntap, terutama di daerah Tondo II dan Talise. 

Baca juga: Dalam Waktu Dekat BSI Area Palu akan Migrasi 117.300 Rekening Nasabah

Baca juga: Cari Umpan Ikan di Muara Ekeng, Warga Desa Sabang Tolitoli Temukan Mayat Bayi dalam Karung

Baca juga: Perahu Dihantam Ombak Saat Memancing, 3 Remaja di Banggai Selamat

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menjelaskan, keterlambatan pembangunan huntap bukan karena masalah konstruksi maupun anggaran, melainkan dipicu persoalan pembebasan lahan.

Diproyeksikan, sebanyak 5.000 unit huntap akan dibangun Pemkot Palu untuk relokasi korban bencana di Tondo dan Talise di atas lahan seluas 422 hektare (ha). 

"Huntap Tondo II dan Talise saat ini masih terkendala lahan karena ada klaim dari masyarakat. Kami telah mengirim surat ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Dari situ, kami harap ada solusi yang diberikan," ujar Hadi, dikutip Minggu (4/4/2021). (*)

Penulis: fandy ahmat
Editor: Kristina Natalia
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved