Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Pelaku UKM Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta, Ini Syarat dan Penjelasan Dinas UMKM dan Koperasi Sulteng

Pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian pelaku UKM di Sulawesi Tengah. Sehingga diperlukan kebijakan mengantisipasi gejolak ekonomi.

TRIBUNPALU.COM
Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Sulteng Margan Maguna 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PALU - Pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Sulawesi Tengah.

Sehingga diperlukan kebijakan mengantisipasi gejolak ekonomi secara nasional.

Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas UMKM dan Koperasi Sulteng, Margan Maguna mengatakan, pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan guna memberikan penguatan permodalan kepada pelaku UKM.

Menurutnya persoalan modal sangat sensitif bagi para pelaku UKM.

"Jadi diberikan pelaku usaha insentif modal dalam bentuk program Pemulihhan Ekonomi Nasional (PEN) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam menghadapi Covid-19 ini," ungkap Margan dalam acara Tribun Motesa-tesa, Kamis (15/4/2021) siang.

Baca juga: Tersangka Pencurian Handphone di Jl Serikaya Palu Ditangkap Polisi

Baca juga: Polisi Tangkap Pesinetron Berinisial JS Terkait Kasus Narkoba

Baca juga: Data Sebaran Covid-19 Indonesia 15 April 2021: DKI Jakarta & Jabar Catat Lebih dari 1.000 Kasus Baru

Dalam program PEN, Sulawesi Tengah diminta mengusulkan pelaku usaha di daerahnya untuk diberikan modal Rp 2,4 juta per UKM.

"Jadi hingga Februari 2021, kami Dinas Koperasi dan UKM Sulteng berhasil mengusulkan 263.660 unit usaha mikro, data itu kami terima dari usulan masing-masing kabupaten kota," jelas Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi tersebut.

Ia menyebutkan, data tersebut diusulkan kepada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) dengan meminta total anggaran untuk modal UKM Rp 632 miliar.

Namun dari data diusulkan, Kementerian Koperasi mengeluarkan Surat keputusan (SK) bahwa sebanyak 171.368 unit usaha mikro dengan nilai Rp 411 miliar alias 65 persen dari usulan Pemerintah Sulawesi Tengah.

Halaman
12
Penulis: Moh Salam
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved