Breaking News:

Palu Hari Ini

Berani Buang Sampah Sembarangan di Kelurahan Lolu Selatan, Siap-siap Kena Sanksi Pak Lurah

Lurah Lolu Selatan, Sahdin akan memberikan sanksi tegas bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya.

TRIBUNPALU.COM/ALAN
Lurah Lolu Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sahdin. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Lurah Lolu Selatan, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah Sahdin akan memberikan sanksi tegas bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya.

"Kalau untuk disesuaikan dengan Perwali (Peraturan Wali Kota) itu sangsinya Rp1.000.000," ucap Sahdin kepada TribunPalu.com, Kamis (22/4/2021) pagi.

Namun, Sahdin menyebutkan tidak akan menggunakan sanksi Perda tersebut kepada warganya.

Ia hanya akan menerapkan sanksi sosial dan terus melakukan himbauan agar warganya membuang sampah sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu.

Baca juga: PKS dan Demokrat Bertemu, Ini yang Akan Dibahas

Baca juga: Di Depan Petani, Jokowi Beri Penjelasan soal Isu Impor Beras, Langsung Disambut Tepuk Tangan

Baca juga: Media Asing Soroti Hilang Kontak Kapal KRI di Selat Bali, Ada Tumpahan Minyak Dekat Titik Penyelaman

"Tapi selama ini kami hanya memberikan pembinaan dan tidak menggunakan sanksi yang telah diatur Perwali tersebut. Namun sanksi sosial tetap diberikan seperti kalau ada yang kami temukan membuang sampah (tidak pada tempat dan jam yang ditentukan) kami akan suruh membersihkan di mana semua titik-titik yang kami anggap itu sampah menumpuk dan membuat spanduk agar nantinya dipasang di tempat pembuangan sampah ilegal," jelas Sahdin.

Ia menuturkan, pemberian sanksi tegas yang diberikan kepada warga yang membuang sampah sembarangan ternyata perubahannya sudah mulai nampak terlihat.

"Alhamdulillah jika dibandingkan dengan sekarang ini dan sebelumnya, perubahan nampak. Kenapa kami katakan seperti itu? Karena dengan jam pembuangan di situ kami dapat melihat ada sebagian warga yang mematuhi aturan itu, sehingga yang tadinya kami evaluasi sampah yang berkeliaran di tempat itu sudah tidak ada," beber Sahdin.(*)

Penulis: Alan Sahrir
Editor: Muh Ruliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved