Breaking News:

Adipura 2023

Maksimalkan Penanganan Sampah, Lurah Palupi Gratiskan Iuran Bagi Warga Kurang Mampu

Dalam menciptakan lingkungan bersih, Lurah Palupi telah membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk menangani permasalahan Sampah. 

Handover
Lurah Palupi Mansyur 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Lurah Palupi Mansyur meminta seluruh warga mendukung program Pemerintah Kota Palu dalam memenangkan Piala Adipura 2023.

Dalam menciptakan lingkungan bersih, Lurah Palupi telah membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk menangani permasalahan Sampah

Oleh karena itu, Mansyur meminta warga tertib dalam membayar biaya jasa pelayanan Kebersihan

"Di Kelurahan Palupi ada sekitar 3.000 rumah tangga dan saat ini masih proses pendataan. Melalui RT/RW nantinya mewajibkan setiap warga untuk berlangganan pembersihan Sampah Rp 25 ribu per bulan," kata Mansyur, Jumat (23/4/2021). 

Dia menyebut iuran tersebut nantinya akan dibagi lagi berdasarkan persentase tertentu. 

Masing-masing untuk insentif RT sebagai penanggung jawab, operasional dan pemeliharaan kendaraan angkutan dan setoran retribusi. 

"Nantinya ada empat kendaraan angkutan yang beroperasi setiap hari. Ini untuk memastikan agar lingkungan benar-benar bersih, bebas Sampah," jelas Mansyur. 

Terkait usulan bayar iuran Sampah tersebut, Mansyur menduga masih ada warga yang merasa terbebani. 

"Pasti ada warga kurang mampu, berat untuk berlangganan sampah. Mereka ini kami gratiskan. Saya perintahkan RT/RW mendata warga kurang mampu ini kemudian dibuatkan surat pengantar," ucapnya. 

Di sisi lain, menurut Mansyur, terkadang ada warga tergolong mampu tetapi enggan berlangganan, merasa iuran sampah seolah tidak wajib. 

"Jika ada warga mampu tidak ingin berlangganan, sanksi bagi dia yaitu membuang sampahnya langsung ke TPA Kawatuna. Kemudian segala kepentingannya yang berhubungan dengan RT akan dialihkan ke kelurahan," jelas Mansyur. (*) 

Penulis: fandy ahmat
Editor: mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved