Breaking News:

Banggai Hari Ini

Terobosan Baru, Sabhara Polres Banggai Melayani Masyarakat Berbasis Aplikasi

Satuan Sabhara Polres Banggai punya terobosan baru dalam memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat Kabupaten Banggai.

TRIBUNPALU.COM/ASNAWI ZIKRI
Kepala Satuan Sabhara Polres Banggai Iptu Jimyarto Anasim menyiapkan anggotanya untuk patroli rutin di wilayah Luwuk, Kabupaten Banggai. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI — Satuan Sabhara Polres Banggai punya terobosan baru dalam memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Ide itu dituangkan dalam sistem aplikasi yang diberi nama Layanan Sabhara Polres Banggai.

Aplikasi ini merupakan tindaklanjut dari program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang disebut “Presisi” yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan dengan bertujuan menata kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi, menjadikan sumber daya manusia (SDM) Polri yang unggul di era police 4.0, dan perubahan teknologi kepolisian modern.

Kepala Satuan Sabhara Polres Banggai Iptu Jimyarto Anasim menjelaskan, aplikasi ini mudah dipakai karena aduan masyarakat langsung masuk di sistem aplikasi Layanan Sabhara Polres Banggai.

“Anggota standbay 1x24 jam. Jadi setiap aduan masuk langsung ditindaklanjuti,” ungkap Jimyarto kepada TribunPalu.com, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Dua Rumah Warga di Sigi Biromaru Digrebek, Polisi Temukan Minuman Saguer

Baca juga: Jelang Safari Ramadan AHY ke Sulteng, Bendera Demokrat Hiasi Jalan Menuju Hotel Santika Palu

Baca juga: Nekat Merantau ke Palu, Wanita Muda asal Sukabumi Kini Sukses dan Punya 50 Mitra Bisnis

Penggunaan aplikasi pertama di Polda Sulteng ini, kata dia, sangat sederhana.

Setelah men-download aplikasi Layanan Polres Banggai, maka masyarakat cukup klik ‘Buat Laporan’, lalu masuk ke ‘Form Pengaduan’.

Dalam ‘Form Pengaduan’ itu masyarakat diminta mengisi nama lengkap, alamat, tempat kejadian, kronologi singkat, dan jenis pelanggaran atau dugaan tindak pidana.

“Setelah itu tinggak klik ‘Kirim’, maka aduan masyarakat langsung masuk ke sistem. Dan tidak butuh lama, anggota Sabhara bakal menuju lokasi kejadian,” paparnya.

Halaman
12
Penulis: Asnawi Zikri
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved